KPU-Parpol sepakat laksanakan pemungutan suara dengan jujur

id KPU Sulteng,Pemilu 2019

KPU-Parpol sepakat laksanakan pemungutan suara dengan jujur

KPU Sulteng dan perwakilan masing-masing partai politik peserta pemilu 2019 deklarasi menjaga integritas pemungutan dan penghitungan suara, di Palu, Sabtu (23/3) siang. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji)

Partai politik sepakat tidak melakukan hal-hal yang mengganggu, merugikan, dan menciderai proses pemungutan dan penghitungan suara
Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah bersama partai politik sebagai peserta Pemilu 2019 sepakat melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara dengan jujur pada 17 April mendatang.

"Partai politik sepakat tidak melakukan hal-hal yang mengganggu, merugikan, dan menciderai proses pemungutan dan penghitungan suara," kata Komisioner KPU Sulawesi Tengah Bidang Partisipasi Masyarakat, Sumber Daya Manusia dan Sosialisasi, Sahran Raden, di Palu, Sabtu. 
Kesepakatan KPU Sulteng dan partai politik itu tertuang dalam deklarasi menjaga integritas pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019. 

Deklarasi itu berlangsung dalam kegiatan sosialisasi pemilu hari pemungutan dan penghitungan suara yang diselenggarakan KPU Sulteng. 
Terdapat tiga poin dalam deklarasi itu. Pertama, peserta pemilu dan penyelenggara pemilu berjanji melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara dengan jujur, adil dan bermartabat. 

Kedua, partai politik peserta pemilu dan penyelenggara berjanji bersama melawan politik uang, dalam penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara. 

Ketiga, partai politik dan penyelenggara berjanji melaksanakan proses rekapitulasi suara secara berintegritas dalam semua proses dan tingkatan rekapitulasi dan penghitungan secara berjenjang mulai dari PPK, KPU kabupaten/kota dan KPU provinsi. 

Sosialisasi itu, juga diikutkan dengan simulasi pemungutan dan penghitungan suara. 

Kegiatan itu, KPU melibatkan masyarakat, partai politik, KPPS, dan media cetak dan online. KPU juga menyosialisasikan lima warna surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. 

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden diikuti dua pasangan calon. Pasangan Nomor 1 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, Pasangan Nomor 2 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. 

Surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden berwarna abu-abu, yang akan di gunakan dalam pemungutan dan penghitungan suara di masing-masing Tempat Pemungutan Suara.***

 
Foto bersama Komisioner KPU Sulteng dengan perwakilan masing-masing partai politik peserta pemilu 2019, usai deklarasi menjaga integritas pemungutan dan penghitungan suara, di Palu, Sabtu (23/3) siang. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar