Puluhan rumah di Poso rusak karena gempa

id poso,gempa,rusak, gempa

Puluhan rumah di Poso rusak karena gempa

Palu (ANTARA) - Puluhan rumah warga dan sejumlah rumah ibadah gereja dan pura di beberapa desa di Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah mengalami kerusakan karena gempabumi 5,7 SR yang terjadi pada 24 Maret 2019.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Poso, Bastian Mentiri kepada ANTARA melalui telepon dari Poso, Senin membenarkan dampak dari gempa itu menyebabkan puluah bangunan penduduk dan sarana ibadah rusak.

Ia mengatakan rumah warga maupun rumah ibadah yang rusak diguncang gempa rata-rata bangunannya menggunakan bahan bangunan berupa batako.
Selain itu, kata dia, ada juga yang sementara dibangun dan belum diplester sehingga mudah roboh.

"Saya pagi ini akan turun ke lokasi gempa untuk melihat seberapa besar dampak yang ditimbulkan," kata Bastian.

Menurut informasi, ada warga yang mengungsi, tetapi mereka hanya membuat tenda darurat di depan atau halaman rumahnya.
Tidak ada warga yang mengungsi ramai-ramai ke satu tempat yang aman."Mereka hanya membangun tenda darurat saja karena khawatir dan trauma dengan gempa yang terjadi pada saat banyak masyarakat sedang melaksanakan ibadah, terutama umat kristiani," katanya.

Apalagi, di Kecamatan Pamona Utara merupakan wilayah yang banyak warga kristiani dan juga umat Hindu. Saat gempa, kebanyakan mereka berhamburan keluar rumah guna menghindari bangunan runtuh.
Dia juga menegaskan bahwa gempabumi yang mengguncang wilayah Pamona Utara di Kabupaten Poso pada 24/3-2019 tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

Hanya saja memang gempa dirasakan cukup keras oleh masyarakat yang bermukim di Kecamatan Pamona Utara.
Bastian juga menambahkan gempa skala kecil juga terjadi di wilayah itu pada Senin (25/3) pagi ini dan sempat membuat warga sedikit panik karena merasa trauma dengan gempabumi yang sebelumnya memporak-porandakan Kota Palu, Sigi dan Donggala 28 September 2018.

"Gempa di Palu membuat warga yang ada di daerah lain di Sulteng, termasuk di Poso masih merasakan trauma, sebab menimbulkan korban jiwa yang mencapai ribuan jiwa dan memporak-porandakan perekonomian masyarakat di Kota Palu, Sigi dan Donggala," ujarnya.

Website Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG), pusat dalam siaran persnya melaporkan gempa berada di 53 kilomoter barat daya Kabupaten Poso pada kedalaman 10 kilometer.
Lokasi gempa di 1.84 LS (Lintang Selatan) dan 120. 54 BT (Barat Timur). Gempa tidak berpotensi tsunami, kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.