Parpol se-Kabupaten Poso deklarasi kampanye damai

id kpu poso,poso,pemilu damai

Ketua DPD Golkar Kabupaten Poso Darmin Sigilipu dan ketua parpol lainnya membacakan deklarasi damai Pemilu 2019 di Poso, Sabtu (23/3) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Poso)

Poso (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso menyelenggarakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai menyambut Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 dengan menghadirkan 14 Partai Politik yang akan berkompetisi merebut suara rakyat pada 17 April 2019.

Deklarasi yang digelar di Poso, Sabtu (23/3) itu dalam rangka mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta mengedukasi masyarakat pemilih agar dapat menyikapi pemilu dengan baik dengan turut berpartisipasi dalam memberikan hak suaranya demi kemajuan daerah pada khususnya serta bangsa dan negara pada umumnya.

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menyebarkan virus kampanye damai kepada masyarakat serta menyatakan bahwa Kabupaten Poso siap menghadapi pesta demokrasi dalam keadaan damai.

Salah satu isi deklarasi itu adalah melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa politisasi SARA dan politik uang serta melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Deklarasi ini dibacakan bersama-sama oleh seluruh Pimpinan Partai Politik yang hadir bersama Pemerintah Daerah dan FKPD yang selanjutnya melakukan pelepasan balon sebagai tanda kampanye pemilu damai siap diberlakukan di Tana Poso sebagai bentuk komitmen bersama untuk menciptakan keadaan serta situasi kondisi yang kondusif bagi masyarakat.

Wabup mengapresiasi seluruh kontestan Pemilu 2019 yang telah berpartisipasi menjaga kondusivitas daerah sehingga sampai saat ini semua tahapan pemilu serentak berlangsung dengan aman dan lancar.

"Sesungguhnya dalam pesta demokrasi seharusnya tidak ada ketakutan dan keonaran sebagaimana layaknya sebuah pesta pada umumnya, karena suatu pesta yang ada hanyalah kesenangan dan acara gembira ria bersama merayakan suatu kemenangan dan kesyukuran bersama agar bangsa ini serta daerah ini pada khususnya ke depan memiliki pemimpin yang lebih baik, amanah, dan berdedikasi untuk membawa daerah bahkan negara ini menjadi lebih makmur dan jaya," ujar wabuyb.

Ketua KPU Poso Budiman Maliki, S.Sos menyerukan slogan KPU yakni Pemilih berdaulat, Negara kuat guna mendorong kenaikan jumlah partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilihan umum baik anggota legislatif maupun presiden-wapres.

Deklarasi yang digelar pada sore hari di Lapangan Maroso pada Sabtu 23 Maret 2019 ini juga dimeriahkan oleh pemenang lomba jinggle pemilu 2019 di Kabupaten Poso serta penampilan dari artis Ibu kota seperti Yassovi Idol, Rival Himran dan Elino. Sedangkan pada malam harinya KPU juga menyelenggarakan Konser Musik Sadar Pemilu sebagai bentuk sosialisasi serta pendidikan bagi pemilih pemula serta guna meningkatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam pelaksanaan pemilu agar tidak golput. (Humas Pemda Poso)

Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar