DPRD Minta Segera Bentuk Polres Di Sigi

id polda sulteng

DPRD Minta Segera Bentuk Polres Di Sigi

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs Dewa Parsana, MSi (ANTARANews)

...sudah menunjuk AKBP Taufik Lamakarate sebagai Kapolres sementara
Palu  (antarasulteng.com ) - Ketua DPRD Kabupaten Sigi, Budi Luhur mendesak Polda Sulawesi Tengah segera membentuk Polres di daerah itu karena selama ini hanya ditangani oleh Polres Donggala.

"Segera bentuk Polres Sigi karena pelayanan selama ini jauh dari Donggala," kata Budi Luhur pada rapat dengar pendapat bersama DPRD Sulawesi Tengah di Palu, Rabu.

Dia mengatakan, akibat jauhnya Polres Donggala sehingga pelayanan keamanan saat ada peristiwa bentrok warga tidak maksimal.

"Kasian Pak Kapolres, kalau ada peristiwa hanya satu dua jam tidurnya karena harus balik lagi ke Donggala," katanya.

Jarak Donggala dengan Sigi berkisar 40 kilometer dengan melintasi Kota Palu.

Budi mengatakan, polisi akan kerepotan jika pada saat bersamaan terjadi kekacauan di Sigi dan kekacuan di Donggala.

Beberapa waktu lalu kata Budi Luhur, saat bersamaan terjadi bentrok di Sigi dan di wilayah pantai barat sehingga aparat keamanan harus dibagi menjadi dua.

Selain Polres, Budi Luhur juga mendesak pembangunan kantor polsek karena beberapa kecamatan belum memiliki Polsek sehingga satu polsek masih melayani dua hingga tiga kecamatan.

Begitu juga Kantor Rayon Militer di setiap kecamatan masih kurang, bahkan satu Komando Rayon Militer membawahi sampai empat kecamatan.

Sekretaris Komisi I DPRD Sulawesi Tengah Nawawi S Kilat mengatakan dirinya setuju jika pembangunan Polres Sigi dipercepat mengingat sejak Sigi berpisah dari Kabupaten Donggala 2008 belum berdiri kantor Polres.

Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana mengatakan dirinya sudah menyampaikan rencana pembangunan Polres Sigi tersebut.

Dia mengatakan untuk sementara sudah ada kantor camat yang akan dijadikan tempat sementara untuk dijadikan Polres sementara.

Dewa Parsana mengatakan dirinya bahkan sudah menunjuk AKBP Taufik Lamakarate sebagai Kapolres sementara. (A055/SKD)