Komisari PLN: Hunian korban bencana di Sulteng harus dilistriki

id Pln, listrik, Palu, Sulteng, korban bencana

Komisaris Utama PT PLN (Persero) Ilya Avianti menengok master plan pembangunan hunian sementara (Huntara) yang disediakan PT PLN usai peluncuran program pemulihan pascabencana, Senin (25/3). (Antaranews Sulteng/Moh Ridwan)

Palu (ANTARA) - Komisaris Utama PT PLN (Persero) Ilya Avianti meminta jajaran PLN agar hunian korban bencana gempa bumi, tsunami dan likuefaksi di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala segera dilistriki guna memberikan kenyamanan kepada penghuninya. 

"Ini tugas PLN area Palu agar segera menyambung aliran listrik ke rumah-rumah warga yang belum terlisriki agar mereka bisa sejahtera, " tegas Ilya pada peluncuran program pemulihan pascabencana oleh PLN, di Sigi, Senin. 

Menurut Ilya, listrik sudah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat, apalagi di daerah terdampak bencana, listrik sangat mendesak untuk menunjang kegiatan masyarakat. 

Dia menyebut, sejak tanggap daruruat, PLN mengerahkan sebagian besar personelnnya berupaya memperbaiki semua jaringan listrik yang rusak akibat diguncang gempa.

PLN sebagai salah satu perusahaan negara memiliki kewajiban melistriki daerah yang belum dijangkau jaringan listrik, termasuk daerah yang dilanda bencana. 

"PLN begitu peduli dengan masyarakat yang terdampak, buktinya PLN membantu korban bencana melalui program pemulihan pascabencana PLN peduli, " tambahnya. 

General Manager PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Sulutenggo) Christyano memaparkan, enam bulan pascagempa, tsunami dan likuefaksi sektor kelistrikan Sulawesi Tengah khususnya di wilayah terdampak semakin membaik, sehingga roda perekonomian kembali menggeliat dan bangkit dari keterpurukan. 

"Meskipun di sisi-sisi tertentu masih ada perbaikan dan pemeliharaan namun tidak berpengarung signifikan," katanya. 

Dikemukakannya, pada sektor kelistrikan, PLN sudah bekerja maksimal melakukan perbaikan-perbaikan pasca gempa, diantaranya pengoperasian trafo mobile 150/20kV gardu induk Talise. 

Selain itu, PLN area Palu juga telah memperbaiki bay line di gardu induk Sidera, Kabupaten Sigi serta pemeriksaan semua bay yang rusak baik di gardu induk, Silae, Sidera, Parigi, Talise hingga gardu induk Pasangkayu.

"Ini upaya-upaya yang sudah kami lakukan demi memenuhi pasokan listrik di Sulawesi Tengah, " tuturnya. 
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar