Meski dana terbatas, realisasi TMMD ke-104 di Sigi lampaui target

id Pangdam,TMMD Sigi

Tumpukan ratusan paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat usai penutupan TMMD ke-14 oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang di Palolo, Kabupaten Sigi, Rabu (27/3) (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali)

TNI hadir di tengah-tengah masyarakat untuk sebarkan semangat gotong royong, kata Pangdam
Palu (ANTARA) - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang menutup secara resmi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa ke-104 di Wilayah Kodam XIII/Merdeka yang dipusatkan di Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu.

Di wilayah Kodam XIII/Merdeka yang meliputi Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo ini, TMMD yang berlangsung selama sebulan itu dilaksanakan di dua titik yakni Kabupaten Sigi dan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut.

Program pembangunan fisik TMMD ke-104 di wilayah Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi antara lain pembangunan badan jalan sepanjang 11,158 km dan empat unit jembatan serta pemasangan bronjong.

Sementara untuk wilayah Kecamatan Beo Selatan, Kabupaten Kepulauan Talaud, adalah pembangunan badan jalan, sarana dan prasarana pendukungnya menuju destinasi wisata air terjun Ampas Taduna serta pembangunan Tiga Pilar Desa (TPD) di Desa Rusoh. 

Upacara penutupan TMMD di Sigi ini juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan sosial seperti pengobatan gratis, sunatan massal, pembagian sembako kepada masyarakat tidak mampu dan pemberian penghargaan kepada desa berprestasi.

Pangdam menyampaikan apresiasi kepada pelaksana TMMD di Sigi karena walaupun dengan dana terbatas, namun pelaksanaan sejumlah kegiatan bisa melampui target yang ditetapkan.

TMMD yang diprogram tiga kali pada 2019 ini, katanya, adalah wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga negara lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

"Untuk itulah selama TMMD ini berlangsung, para prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat untuk menyebarkan semangat gotongroyong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan," ujarnya.

Bupati Sigi Irwan Lapata menyampaikan penghargaan kepada pihak TNI yang telah memberikan yang terbaik kepada masyarakat setempat dalam program TMMD ini sehingga hasil pelaksanaan TMMD ini bisa bermanfaat dan membantu masyarakat.
 
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritong (kanan) bersama Brigjen TNI Suwarno, Ketua Tim Wasev TMMD ke-104 di lokasi TMMD Kabupaten Sigi, Rabu (27/3) (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali)
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar