Menperin : Saya akan dorong investor kembali berinvestasi di KEK Palu

id Menperin

Menperin : Saya akan dorong investor kembali berinvestasi di KEK Palu

Menperin Airlangga Hartanto didampingi Sekdaprov Sulteng Mohamad Hidayat Lamakaret meninjau Alat Mekanik Multiguna Desa (AMMDes) penjernih air bantuan Kemenperin yang dipajang di halaman Jodjokodi Convention Center (JCC) Palu, Kamis siang (28/3). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Kami juga akan mendorong beberapa investor yang kemarin sudah meninjau, termasuk investor di sektor perkebunan dan tanaman stevia. Kami akan terus dorong supaya mereka nanti terus komitmen untuk berinvestasi di KEK Palu
Palu (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto menilai sepinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Palu dari investor perlu segera diatasi.



Saat menyampaikan sambutan pada acara Revitalisasi Kegiatan Industri Pasca Bencana di Sulawesi Tengah di Jojodkodi Convention Center (JCC) Palu, Kamis siang (28/3), ia memaklumi hal tersebut mengingat Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala baru saja diluluhlantahkan gempa, tsunami dan likuefaksi 28 September 2018.



"Kami juga akan mendorong beberapa investor yang kemarin sudah meninjau, termasuk investor di sektor perkebunan dan tanaman stevia. Kami akan terus dorong supaya mereka nanti terus komitmen untuk berinvestasi di KEK Palu," katanya.



Menurutnya langkah tersebut penting dilakukan demi mempercepat pemulihan perekonomian di tiga daerah terdampak bencana termasuk di sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM). 

Apalagi sektor IKM menjadi salah satu yang terparah terdampak bencana.



"Kami berharap Sulteng segera bangkit dan dengan sinergi yang ada kita harapkan bisa membangkitkan kegiatan usaha industri karena di sini ada kawasan industri (KEK), yang kawasan industrinya ini adalah dalam tanda petik dibangun oleh Kementrian Perindustrian," jelasnya.



Airlangga tidak menjelaskan secara detail jumlah investor yang akan didorong untuk berinvestasi di KEK Palu dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membujuk para investor serta bagaimana peran pemerintah daerah.



Dalam kesempatan itu Airlangga juga memberikan apresiasi dan semangat kepada para pelaku IKM baik pelaku IKM binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) daerah maupun pelaku IKM mandiri yang terus bangun dari keterpurukan pascabencana.



"Terimakasih kepada seluruh pelaku IKM di Sulteng yang penuh semangat. Ibu Erma (salah satu pelaku IKM terdampak bencana) dan teman-teman dan kita kembalikan Palu sebagai center of excellence untuk produksi coklat di Sulawesi Tengah," tutupnya.
***