Satu juta surat suara di Parimo siap disortir

id Surat suara, sortir, kpu, parimo

Satu juta surat suara di Parimo siap disortir

Jutaan suarat suara Pemilu 2019 disimpan di gudang logistik KPU Parigi Moutong guna menjaga keamanannya setelah tiba dari Makassar, Sulawesi Selatan melalui jalur darat dan dikawal aparat kepolisian. (Antaranews Sulteng/Moh Ridwan)

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menyebut sebanyak 1.556.103 surat suara Pemilu 2019 siap disortir dan pelipatan. 

"Sesuai jadwal, penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu dimulai 31 Maret-4 April 2019," kata Komisioner KPU Parigi Moutong Abdul Gafur yang dihubungi di Parigi, Sabtu, menambahkan jumlah surat suara tersebut sudah termasuk tambahan dua persen. 

Logistik Pemilu (Surat suara) tiba di ibu kota kabupaten itu, Jumat (29/3) petang dari percetakan di Makasar, Sulawesi Selatan melalui jalur darat dan mendapat pengawalan dari kepolisian. 

Gafur menjelaskan, penyortiran dan pelipatan surat suara melibatkan masyarakat setempat sebanyak 500 orang. 

"Penyortiran dan pelipatan dibagi di tiga tempat, mengingat suart suara cukup banyak, " tambahnya. 

Dia memastikan, tidak ada pegawai KPU ikut melipat suarat suara, kecuali hanya bertugas menjadi pengawas sesuai aturan berlaku. 

Proses pelipatan nanti, paparya, dibebankan setiap satu orang wajib menghabiskan 3.000 surat suara berdasarkan keputusan rapat pleno KPU. 

"Kita beri kesempatan kepada masyarakat ikut terlibat mensukseskan Pemilu 17 April mendatang dengan cara membuka ruang kepada mereka dilibatkan dalam melipat surat suara, " tambahnya. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, setelah proses penyortiran dan pelipatan, selanjutnya proses pengepakan sebelum didistribusi ke masing-masing kecamatan. 

Sesuai jadwal dan tahapan, pendistribusian logistik ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dimilai 11-15 April 2019 dan dikawal kepolisian setempat. 

Kemudian distribusi dari tingkat kecamatan ke desa/kelurahan 12-15 April dan diterima masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS), selanjutnya logiatik didistribusi menuju TPS 13-16 April. 

"Penarikan logistik dari tingkat kecamata ke KPU pascapemilu dimulai 23-27 April 2019," tuturnya.

KPU,katanya, akan memprioritaskan distribusi logistik ke wilayah-wilayah terpencil dan tersulit lebih awal mengingat medan menuju wilayah tersebut sangat berat.

Parigi Moutong memiliki 1.339 TPS yang tersebar di 23 kecamatan dan 200 lebih desa, termasuk didalamnya 27 TPS tersulit dan 88 TPS terpencil serta enam desa sulit dan empat desa terpencil.