IMF ingatkan kecenderungan konsentrasi kekuatan pasar sebagian di perusahaan kecil

id IMF,konsentrasi kekuatan pasar korporasi

IMF ingatkan kecenderungan konsentrasi kekuatan pasar sebagian di perusahaan kecil

Ilustrasi (REUTERS) (Istimewa)

Washington (ANTARA) - Dana Moneter Internasional (IMF) dalam laporannya yang dirilis pada Rabu (3/4) mengingatkan tentang kecenderungan yang sedang berlangsung, yang mana kekuatan pasar semakin terkonsentrasi di antara "sebagian kecil dari perusahaan-perusahaan yang dinamis."

Dalam salah satu bab analitis dari laporan World Economic Outlook IMF yang diperbarui, versi lengkapnya diharapkan akan diterbitkan pada 9 April, pemberi pinjaman internasional itu menganalisis kenaikan kekuatan pasar korporasi dan dampak-dampak makroekonominya.

Penelitian ini menemukan bahwa kekuatan pasar telah meningkat secara moderat di negara-negara maju, tetapi tidak di negara-negara berkembang. Untuk perusahaan-perusahaan di negara maju, kata laporan itu, kenaikan harga atas biaya-biaya marjinal telah meningkat hampir delapan persen sejak 2000.

Terlepas dari kenyataan bahwa peningkatan tersebut telah  meluas di seluruh negara-negara maju dan industri, "di dalamnya, ia telah terkonsentrasi di antara sebagian kecil dari perusahaan-perusahaan yang lebih dinamis, produktif dan inovatif," kata IMF dalam laporan tersebut.

Selain itu, peningkatan lebih lanjut dalam kekuatan pasar dari perusahaan-perusahaan yang sudah kuat ini, menurut laporan itu, dapat melemahkan investasi, menghalangi inovasi, mengurangi pangsa pendapatan tenaga kerja, dan mempersulit kebijakan moneter untuk menstabilkan output.

Studi ini mencatat bahwa kekuatan pasar korporasi yang meningkat sejauh ini tampaknya lebih mencerminkan "pemenang-mengambil-terbanyak" oleh perusahaan-perusahaan yang lebih produktif dan inovatif daripada kebijakan-kebijakan pro-kompetisi yang lebih lemah.

IMF menyatakan bahwa para pembuat kebijakan harus memperhatikan fenomena "implikasi-implikasi makroekonomi makro yang menantang" dan terlibat dalam reformasi yang membuat kompetisi pasar pada  masa depan tetap kuat.

Berbicara pada acara Kamar Dagang AS pada Selasa (2/4), Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan pemenang-mengambil-paling dinamis adalah "terutama diucapkan dalam ekonomi digital."

"Saya tidak mengatakan bahwa kita saat ini memiliki 'masalah monopoli,'" kata Lagarde. "Tetapi saya mengatakan bahwa kita harus mengambil langkah-langkah yang tepat - sehingga itu tidak menjadi masalah."

Untuk mengatasi masalah ini, Ketua IMF menyerukan tindakan-tindakan untuk mengurangi hambatan masuknya perusahaan-perusahaan baru dan mereformasi kerangka persaingan guna memastikan tingkat permainan yang merata di semua sektor, baik tradisional maupun teknologi tinggi.