Puluhan ribu surat suara DPR-RI Dapil Sulteng basah

id Surat suara, basah, pemilu, Parigi Moutong, kpu

Puluhan ribu surat suara DPR-RI Dapil Sulteng basah

KPU Parigi Moutong menjemur surat suara basah di bawah terik matahari akibat rembesan air hujan saat diangkut dari percetakan Makassar, Sulawesi Selatan menuju kabupaten tersebut, Kamis (4/4). (Antaranewa Sulteng/Moh Ridwan)

Kami belum mengetahui berapa total jumlah surat suara rusak, karena proses sortir dan pelipatan masih berlangsung, dalam waktu dekat kami akan sampaikan
Parigi (ANTARA) - Diperkirakan sebanyak 39 ribu surat suara DPR-RI di Kabupaten Parigi Moutong untuk daerah pemilihan Sulawesi Tengah Pemilu 2019 basah dan terpaksa dijemur di bawah terik matahari. 

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming saat meninjau sortir dan pelipatan surat suara di Parigi, Kamis mengatakan, dalam perjalanan mobil pengangkut logistik menuju Parigi Moutong dari percetakan di Makassar, Sulawesi Selatan diguyur hujan, akibatnya kardus surat suara terkena rembesan air hujan. 

"Ini bukan kesalahan KPU Parigi Moutong, insiden ini murni karena faktor alam saat distribusi logistik," jelasnya. 

Tanwir menyebut, terdapat sebagain surat suara tingkat kelembabanya tidak terlalu parah sehingga dengan dikeringkan di bawah terik matahari dapat digunakan kembali.

"Sedangkan yang tingkat kelembabannya tinggi yang mengakibatkan surat suara rusak, kami sudah melaporkanya kepada pihak penyedia di Makassar untuk segera diganti," tambahnya. 

Menurutnya, distribusi logistik masih menjadi tanggung jawab penyedia jasa percetakan, sehingga jika ada keluhan dari daerah, maka kewajiban mereka mengganti logistik rusak. 

Ketua KPU Parigi Moutong Abdul Chair menjelaskan, pihaknya menemukan kurang lebih 39 koli surat suara basah akibat rembesan air hujan saat distribusi logistik. Dalam satu koli berisi 1.000 lembar surat suara.

"Setelah kami keringkan, sebagian surat suara sudah disorti dan dilipat," katanya. 

Hingga kini, masih tersisa 10.000 lembar surat suara atau 10 koli belum dikeringkan dan masih tersimpan di gudang logistik KPU. 

"Secepatkan akan kami jemur, jika masih ada yang layak pakai kami sortir dan lipat, kami belum bisa pastikan berapa sisa surat suara yang rusak akibat basah," tuturnya. 

Dia menambahkan, proses sortir dan pelipatan surat suara masih terus berjalan. Kegiatan itu dibagi di tiga tempat berbeda guna memaksimalkan proses sortir dan pelipatan hingga pengepakan surat suara. 

"Kami belum mengetahui berapa total jumlah surat suara rusak, karena proses sortir dan pelipatan masih berlangsung, dalam waktu dekat kami akan sampaikan," ucap Chair. 

Parigi Moutong mendapat alokasi surat suara dari KPU pusat untuk Pemilu 2019 sebanyak 1.556.103 lembar surat suara sudah termasuk tambahan dua persen.***