Puteri Pariwisata Sulteng harus kuasai semua destinasi wisata daerah ini

id Puteri pariwisata Indonesia Sulteng 2019,Pemilihan Puteri Pariwisata Indonesia Sulteng,Pariwisata

Puteri Pariwisata Sulteng harus kuasai semua destinasi wisata daerah ini

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah I Nyoman Sariadinaya menyematkan selempang kepada salah satu finalis tanda dimulainya pemilihan Puteri Pariwisata Indonesia Sulteng 2019 di Vila Sutan Raja, Kota Palu, Senin malam (8/4). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Hanya Kabupaten Buol dan Banggai Kepulauan yang tidak mengirim wakil dalam pemilihan Putri Pariwisata Sulteng 2019 ini
Palu (ANTARA) - Rangkaian kegiatan Pemilihan Puteri Pariwisata Indonesia Sulawesi Tengah 2019 dimulai. 

Kepala Dinas Pariwisata Sulteng I Nyoman Sariadijaya membuka secara resmi pemilhan Puteri Pariwisata Indonesia Sulteng di Vila Sutan Raja , Palu, Senin malam (8/1) yang ditandai penyematan selempang oleh kepada salah satu finalis.

Dalam kesempatan itu Nyoman menekankan kepada seluruh finalis agar menguasai destinasi wisata di Sulteng, baik lokasi, kekayaan bahari dan alam yang berada di destinasi-destinasi wisata tersebut.

"Seluruh destinasi wisata di Sulteng harus bisa dijelaskan baik wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan yang ada di destinasi wisata tersebut," katanya.

Menurut dia, finalis Puteri Pariwisata Indonesia Sulteng 2019 tidak bisa hanya menguasai destinasi wisata yang ada di daerah yang dia wakili untuk mengikuti ajang bergensi yang diselenggarakan setahun sekali itu.

"Misal dia mewakili Kabupaten Poso, dia tidak bisa hanya menguasai destinasi wisata yang ada di Poso saja tapi juga yang ada di daerah lain. Hal-hal seperti itulah yang harus dikuasai. Kalau tidak, bisa malu nanti pas grand final yang disaksikan masyarakat Sulteng dan kepala daerah," ucapnya.

Olehnya, Nyoman meminta para finalis agar memanfaatkan smartphone yang dimiliki sebagai media belajar dan mencari tahu destinasi wisata apa saja yang ada di Sulteng beserta kelebihan dan fasilitas unggulan yang ada di sana.

Lewat pelatihan dan karantina yang dilaksanakan mulai malam  ini diharapkan para finalis dapat menggali dan mengasah minat dan bakat maupun potensi yang ada pada diri 15 finalis.

"Walau adik-adik finalis tidak terpilih setidaknya minat dan bakatnya dapat terasah maupun dapat menemukan potensi yang ada dalam diri adik-adik finalis," ujarnya.

Pemilihan Puteri Pariwisata Indonesia Sulteng 2019 diikuti oleh finalis dari sejumlah daerah di Sulteng. Hanya Kabupaten Buol dan Banggai Kepulauan yang tidak mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti ajang tersebut.

Pemenang seleksi dalam kegiatan ini akan dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Sulteng pada penutupan Sulteng Expo sekaligus puncak acara peringatan HUT ke-55 Provinsi Sulteng pada 13 April 2019.