Berkat gol tunggal Son Heung-min Tottenham atasi City

id son heung min,manchester city,liga champions,harry kane,hugo lloris,sergio aguero,tottenham

Berkat gol tunggal Son Heung-min Tottenham atasi City

Penyerang sayap Tottenham Hotspur, Son Heung-min, merayakan golnya ke gawang Manchester City dalam laga pertama perempat final Liga Champions di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Selasa (9/4/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Paul Childs)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang sayap Tottenham Hotspur, Son Heung-min, mencetak gol tunggal untuk mengantarkan timnya mengatasi Manchester City 1-0 dalam laga pertama perempat final Liga Champions di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Rabu dini hari WIB.

Heung-min mencetak golnya pada menit ke-78 yang diwarnai kepiawaian kiper Hugo Lloris menggagalkan eksekusi penalti Sergio Aguero serta cederanya kapten Tottenham Harry Kane, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu praktis menjadi modal penting bagi Tottenham yang bakal menghadapi City dua kali lagi dalam sepekan ini. Pada akhir pekan nanti mereka bertemu di laga pekan ke-34 Liga Inggris, sebelum melawat ke Etihad dalam laga kedua perempat final Liga Champions.

City tampil dominan sepanjang laga dengan menguasai 59 persen pengendalian bola, namun tak bisa menerjemahkannya dalam serangan yang taja. Sepanjang laga hanya dua kali tembakan mereka tepat sasaran.

Baca juga: Pochettino siap hadapi laga terbesar sepanjang karier kepelatihannya

Baca juga: Guardiola dianggap sukses di City bila juarai Liga Champions

Laga baru berjalan 11 menit ketika wasit Bjorn Kuipers dipaksa berkonsultasi dengan VAR atas insiden di dalam kotak penalti Tottenham. Kuipers lantas memvonis bola tembakan Raheem Sterling mengenai lengan Danny Rose, yang kemudian berujung kartu kuning dan tendangan penalti.

Namun, Aguero yang menjadi algojo malah gagal melakukan tugasnya dengan baik. Lloris berhasil menebak arah tendangan lemah Aguero dan menghalau bola.

Tottenham berusaha berbalik melakukan serangan namun peluang yang dimiliki Kane ketika menerima umpan dari Christian Eriksen masih mudah dijinakkan kiper Ederson Moraes pada menit ke-24. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

City kembali mengancam gawang Tottenham ketika babak kedua baru dimulai, namun lagi-lagi Lloris sigap menghentikan peluang lawan dan menghalau tembakan Sterling.

Nasib buruk seolah bakal menaungi Tottenham ketika sang kapten, Kane, harus meninggalkan lapangan pada menit ke-58 karena cedera pergelangan kaki seusai berduel dengan Fabian Delph.

Tim tamu yang terus menguasai permainan tak kunjung mampu menjebol gawang Tottenham, seolah terkena tuah stadion baru mereka.

Sebaliknya, tuah itu berbuah baik untuk Tottenham yang kemudian unggul pada menit ke-78 saat Heung-min terlihat gagal menghentikan bola keluar lapangan, yang membuat pertahanan City seolah meyakini hal itu.

Namun bola ternyata masih berada di lapangan dan Heung-min berhasil melepaskan tembakan lebih cepat dari upaya halauan Delph demi membawa Tottenham unggul.

Pada masa injury time, City memperoleh satu peluang lagi ketika Kevin De Bruyne mengirimkan umpan silang terarah ke dalam kotak penalti dan Lloris berusaha meninjunya, namun bola jatuh ke arah Fernandinho. Sayangnya tandukan Fernandinho melambung di atas gawang, memaksa City untuk pertama kalinya gagal mencetak gol di laga Liga Champions lagi.

Terakhir kali hal itu terjadi ketika mereka dipecundangi Liverpool di perempat final musim lalu.

Baca juga: Firmino cetak gol dan "assist", Liverpool tundukkan Porto 2-0

Baca juga: Pique peringatkan Barcelona tak beri kesempatan MU ulangi kebangkitan

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Moussa Sissoko, Harry Winks (Victor Wanyama); Christian Eriksen, Bamidele Alli (Fernando Llorente), Son Heung-min; Harry Kane (Lucas Moura)
Pelatih: Mauricio Pochettino

Manchester City (4-2-3-1): Ederson Moraes; Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Fabian Delph; Fernandinho, Ilkay Guendogan; Riyad Mahrez (Leroy Sane), David Silva (Kevin De Bruyne), Raheem Sterling; Sergio Aguero (Gabriel Jesus)
Pelatih: Pep Guardiola
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar