Warga Sigi ikut bantu siapkan TPS

id Sigi,TPS, KPPS,warga

Warga Sigi  ikut bantu siapkan TPS

Pembangunan TPS 13 Desa Lolu Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Ini bukan hanya tugas KPPS semata-mata, tetapi sebagai warga tentu juga adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama
Sigi (ANTARA) - Warga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, daerah bekas dilanda bencana alam gempa bumi dan likuefaksi yang terjadi pada 8 September 2018, secara bersama-sama membantu Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) menyiapkan tempat pemungutan suara yang akan digunakan pada Pemilu 17 April 2019.

Pantauan Antara, Selasa, di Desa Jono Oge, Kecamatan Sigibiromaru, Kabupaten Sigi yang merupakan desa terparah diterjang gempa bumi 7,4 SR dan mengalami likuefaksi, tampak beberapa warga ikut membantu mendirikan tempat pemungutan suara (TPS).

"Ini bukan hanya tugas KPPS semata-mata, tetapi sebagai warga tentu juga adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama," kata Zeso, seorang warga yang ikut membantu KPPS menyiapkan TPS yang akan digunakan sebagai tempat mencoblos.

Seperti halnya beberapa warga diu Desa Jono Oge yang ikut membantu pendirian TPS, hal yang sama juga dilakukan sejumlah warga di lokasi pengungsian korban bencana alam di Desa Pombewe. Lokasi pengungsian yang ada di Desa Pombewe adalah tenmpat pengungsian serbagian warga korban gempa dan likuefaksi di Dusun II dan I Desa Jono Oge.

Di lokasi pengungsian sementara warga telah menempati hunian sementara (huntara) yang dibangun beberapa lembaga peduli kemanusian tersebut terdapat beberapa titik TPS.

Seorang anggota KPPS yang enggan disebut namanya itu, mengatakan dalam membangun TPS, warga ikut membantunya. "Warga begitu antusias membantu kami menyiapkan TPS di lokasi pengungsian," kata dia.

Dia menjamin, warga yang telah terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih tetap) KPU Kabupaten Sigi yang ada di lokasi huntara di Desa Pombewe dipastikan ikut mencoblos pada Pemilu 2019.

Meski mereka dalam situasi yang baru saja terdampak bencana alam dan rata-rata kehilangan tempat tinggal dan matapencaharian akibat diporak-porandakan oleh gempabumi dan likuefaksi, tetapi tidak menyurutkan antusias warga untuk menyalurkan hak politik mereka pada Pemilu 2019 yang tinggal sehari lagi berlangsung.

"Warga kami tidak mau kehilangan suara mereka karenanya, saat sosialisasi mereka sudah pastikan terdaftar dalam DPT," kata ibu rumah tangga yang juga merupakan kader kesehatan di Desa Jono Oge,Kecamatan Sigibiromaru.

Jumlah pemilih di Kabupaten Sigi berdasarkan DPT yang ditetapkan KPU setempat sebanyak 164.105 jiwa.