Logistik Pemilu di Banggai baru capai 10 kecamatan

id Luwuk,Logistik pemilu

Logistik Pemilu di Banggai baru capai 10 kecamatan

Petugas KPU Banggai masih sibuk mempersiapkan logistik pemilu yang akan didistribusikan pada 13 kecamatan, dari Luwuk, Selasa (16/4) (Antaranews Sulteng/Steven Pontoh)

Luwuk (ANTARA) - Pendistribusian logistik pemilu di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, hingga H-1 pencoblosan baru mencapai 10 kecamatan dari 23 kecamatan di daerah itu.

Ketua KPU Banggai Zaidul Bahri Mokoagow mengemukakan hingga Selasa pagi, pendistribusian logistik baru mencapai 10 kecamatan tapi optimistis pendistribusian selesai hari ini.

Zaidul mengungkapkan meski baru mencapai 10 kecamatan, namun pendistribusian logistik yang tersisa adalah wilayah terdekat dari Kota Luwuk. Hal itulah yang membuatnya yakin pendistribusian logistik tepat waktu.

"Kecamatan terjauh seperti Nuhon, Simpang Raya, Bunta dan Balantak sudah terkirim. Tadi diberangkatkan lagi untuk wilayah dataran Toili. Jadi tinggal wilayah terdekat yang akan kami salurkan," kata Zaidul.

Senada dengan itu, Alwin Palalo, Komisioner KPU Banggai mengungkapkan pendistribusian mengalami sedikit keterlambatan karena pihak KPU kekurangan personil pengepakan logistik.

“Memang kami mengalami sedikit kendala karena kekurangan personil. Tapi sudah kita atasi dengan penambahan personil pengepakan hari ini,” ungkapnya saat ditemui di sela-sela pengepakan logistik.

Alwin juga mengaku sangat optimistis pendistribusian logistik tepat waktu dan tidak menghambat pelaksanaan pemilu 2019 di Kabupaten Banggai.

“Kita optimis selesai pendistribusian logistik besok (hari ini). Karena kita juga sudah mengerahkan personil dan truk khusus pengangkut logistik yang dilakukan dengan sistem ‘one way’ atau sekali jalan,” ungkapnya, Senin (15/4) malam.

Alwin juga menjelaskan kendala yang dihadapi KPU Banggai dalam pengepakan logistik ialah tidak adanya bangunan yang memadai untuk digunakan. Sehingga pengepakan hanya dilakukan di bawah tenda dan beralaskan terpal. Hal itu membuat petugas pengepakan logistik pemilu harus berhati-hati saat hujan turun.

“Ya kendala kami memang salah satunya tidak ada ruangan untuk pengepakan. Kami hanya bisa mengandalkan tenda ini,” kata Alwin.