Liverpool ke semifinal setelah menang 4-1 di markas Porto

id liverpool,porto,liga champions,sadio mane,mohamed salah,roberto firmino,virgil van dijk,eder militao

Bek Liverpool Virgil van Dijk (kiri) dan rekannya Mohamed Salah merayakan gol keempat timnya ke gawang Porto dalam laga kedua perempat final Liga Champions di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Rabu (17/4/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Andrew Boyers)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool melenggang ke semifinal Liga Champions setelah menang 4-1 di markas Porto dalam laga kedua perempat final di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Kamis dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Liverpool lolos dengan skor agregat 6-1 atas Porto, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sadio Mane, Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Virgil van Dijk masing-masing mencetak satu gol dalam kemenangan Liverpool tersebut, yang hanya bisa dibalas oleh Porto lewat gol tunggal Eder Militao.

Pada babak semifinal, Liverpool bakal berhadapan dengan Barcelona yang menyingkirkan Manchester United dari semifinal.

Baca juga: Lumat Manchester United 3-0, Barcelona ke semifinal

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri membuat Porto bernafsu untuk segera mencuri keunggulan sejak tendangan mula, sayangnya tendangan Jesus Manuel Corona menyelesaikan serangan pembuka tuan rumah masih tipis melambung di atas mistar gawang.

Lantas pada menit ketujuh, kiper Alisson Becker sigap menggagalkan peluang terbuka Moussa Marega di muka gawang, yang disusul terbuangnya kesempatan pemain yang sama pada menit ke-15.

Perlahan Liverpool mengimbangi permainan Porto dan pada menit ke-26, mereka membuka keunggulan lewat Mane yang dikonfirmasi oleh VAR. Mane berlari meluncur untuk menyontek umpan silang Salah yang segera disambut putusan offside dari hakim garis.

Namun, setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit Danny Makkelie mengesahkan gol tersebut. Liverpool satu, Porto nol.

Porto tak putus asa, namun upaya keras mereka tak kunjung membuahkan hasil dan babak pertama tetap berakhir dengan kedudukan tertinggal 0-1.

Di tengah upaya itu, gawang Porto malah kemasukan lewat penyelesaian serangan cepat yang berakhir dengan situasi satu lawan satu antara Salah dengan kiper Iker Casillas. Salah dengan dingin melepaskan tembakan yang tak mampu diantisipasi Casillas demi menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-65.

Tiga menit kemudian, Porto memperkecil ketertinggalan lewat situasi sepak pojok yang berhasil diselesaikan dengan tandukan oleh Militao.

Mane kemudian memperoleh peluang emas untuk memperbesar keunggulan pada menit ke-73 setelah ia berhasil melewati Casillas, sayang penyelesaiannya malah melambung di atas gawang tak bertuan.

Empat menit kemudian, Firmino seolah memupus habis harapan Porto ketika ia menanduk umpan silang kiriman kapten Jordan Henderson demi memperbesar keunggulan Liverpool menjadi 3-1.

Van Dijk memperbesarnya lagi pada menit ke-84 lewat situasi sepak pojok dengan menanduk bola liar hasil sundulan Mane. Liverpool memastikan kemenagna 4-1.

Baca juga: Liverpool harus juara agar terbaik di dunia

Susunan pemain:

Porto (3-4-3): Iker Casillas; Felipe, Pepe, Eder Militao; Jesus Manuel Corona (Fernando), Hector Herrera, Danilo Pereira, Alex Telles; Yacine Brahimi (Costa) , Moussa Marega, Otavio (Tiquinho)
Pelatih: Sergio Conceicao

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold (Joe Gomez), Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Jordan Henderson); James Milner, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Divock Origi (Roberto Firmino), Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar