Festival Derawan Melalui "Travelling Card"

id festival, derawan, asita, wisata

Festival Derawan Melalui "Travelling Card"

Aktivitas wisatawan di sekitar Pulau Derawan, Kalimantan Timur. (FOTO ANTARA/Yusran Uccang)

Tanjung Redeb (antarasulteng.com) - DPC Assocation of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Kabupaten Berau, mendukung rencana perhelatan akbar Festival Derawan 2013 dengan melakukan meluncurkan  "travelling card" ke Pulau Derawan.
        
Ketua DPC ASITA Berau, Hamid, di Tanjung Redeb, Jumat, mengatakan, karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Berau namun tidak semua membawa uang tunai sehingga ASITA menggandeng salah satu bank dan maskapai penerbangan untuk memudahkan pelayanan wisatawan tersebut.
        
Ia mengatakan, dukungan itu ditandai dengan peluncuran "travelling card" atau kartu perjalanan wisata oleh ASITA bekerja sama dengan Bank BNI dan maskapai penerbangan Sriwijaya yang dilaksanakan di Hotel Derawan, Rabu (23/1).
        
Menurut dia, kerja sama itu merupakan bagian dari dukungan ASITA kepada Pemkab Berau dalam rangka melaksanakan Festival Derwan 2013.
        
Ia mengatakan "travelling card" itu tidak hanya menguntungkan pihak ASITA, Bank BNI dan pihak Sriwijaya saja, tetapi lebih mengutamakan peningkatan dan kemudahan pelayanan kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Derawan atau ke pulau wisata lainnya.
        
"Inilah di antaranya bentuk dukungan kami terhadap Bupati Berau sebagai tuan rumah Festival Derawan 2013," jelasnya.
        
Sehubungan dengan adanya kerja sama tersebut, ASITA juga melayani pembayaran melalui kartu kredit.
        
"Karena agen travel menyediakan alat IMC, sehingga pembayaran melalui kartu kredit tidak ada masalah pelayanan seperti ini kan sangat membantu wisatawan," ujarnya.  
   
Dikatakannya, industri pariwisata di Berau sangat menjanjikan, tinggal pengelolaannya harus lebih baik. (KR-HDA)