11 pertandingan gugur Liga Champions diwarnai VAR

id VAR, Wasit Asisten Video,semifinal Liga Champions

Tottenham Hotspur salah satu tim yang mendapatkan berkah VAR pada Liga Champions musim ini (REUTERS/ANDREW YATES)

Jakarta (ANTARA) - Menyusul kelolosan dramatis Tottenham Hotspur menyingkirkan Manchester City dari perempat final Liga Champions, Sky Sports merangkum bagaimana asisten wasit video atau VAR mengubah hasil pertandingan Liga Champions musim ini.

Tidak hanya Spurs yang diuntungkan VAR karena Manchester United dan Liverpool juga di antara klub yang diuntungkan oleh VAR. Berikut adalah 11 pertandingan yang fase gugur Liga Champions yang hasilnya dipengaruhi VAR.

13 Februari 2019 - Ajax vs Real Madrid - laga pertama 16 Besar
Konsultasi VAR pertama pada Liga Champions terjadi ketika gol babak pertama Nicolas Tagliafico dianulir setelah wasit Damir Skomina akhirnya memutuskan Dusan Tadic terlebih dahulu offside berkat intervensi VAR. Ajax kalah 1-2 pada laga pertama, tetapi balik menang 4-1 di kandang Real Madrid.

20 Februari 2019 - Schalke vs Manchester City - laga pertama 16 Besar
Man City tengah memimpin 1-0 di Jerman ketika tendangan Daniel Caligiuri dihalau tangan Nicolas Otamendi. Wasit Carlos del Cerro Grande tadinya memutuskan tendangan penjuru tetapi setelah konsultasi VAR dia menghadiahkan tendangan penalti untuk Schalke yang sukses dieksekusi Nabil Bentaleb. Namun City memenangkan laga ini dengan 3-2 sebelum menghancurkan Schalke 7-0 pada laga kedua di Manchester.

20 Februari 2019 - Atletico Madrid vs Juventus - laga pertama 16 Besar
Pertama:
Atletico awalnya mendapatkan hadiah tendangan penalti pada babak pertama ketika Diego Costa dijatuhkan Mattia de Sciglio di kotak terlarang, tetapi dibatalkan VAR setelah diputuskan insiden terjadi di luar kotak penalti.
Kedua: pada babak kedua Alvaro Morata menciptakan gol lewat sundulan tetapi VAR membuat wasti menganulirnya setelah dia terekam mendorong terlebih dahulu bek Juventus Giorgio Chiellini. Atletico menang 2-0 pada laga pertama tetapi tersingkir dengan agregat 3-2.

Baca juga: Gol pamungkas dianulir, City disingkirkan Tottenham

6 Maret 2019 - PSG vs Man Utd - laga kedua 16 Besar
Laga kedua yang dramatis di Paris mencapai klimaks ketika Manchester United dihadiahi tendangan penalti pada menit ke-94 melalui VAR setelah tendangan Diogo Dalot menyentuh tangan Presnel Kimpembe. Marcus Rashford sukses mengeksekusi tendangan penalti untuk memenangkan United 3-1 sehingga MU melaju karena unggul selisih gol tandang.

6 Maret 2019 - Porto vs Roma - laga kedua 16 Besar
Dalam agregat 3-3 dan Porto menang 2-1 pada pertandingan laga kedua ini, wasit Cuneyt Cakir menghadiahkan tendangan penalti pada menit ke-117 kepada Porto setelah Alessandro Florenzi menarik Fernando di kotak terlarang. Alex Telles menjadi algojo dan sukses sehingga Porto maju menghadapi Liverpool dalam perempatfinal.

12 Maret 2019 - Man City vs Schalke - laga kedua 16 Besar
VAR mengganjar City dengan gol keempatnya pada menit ke-56 setelah Raheem Sterling dinyatakan tidak dalam posisi offside ketika memasukkan gol usai menyambut umpan Leroy Sane.

9 April 2019 - Tottenham vs Man City - laga pertama perempatfinal
Manchester City mendapat hadiah penalti pada menit ke-11 setelah wasit Bjorn Kuipers meminta bantuan VAR untuk memutuskan Danny Rose menhalau tendangan Raheem Sterling dengan lengannya. Sergio Aguero gagal menaklukkan kiper Spurs Hugo Lloris sebelum Spurs akhirnya menang 1-0.



16 April 2019 - Barcelona vs Man Utd - laga kedua perempatfinal
Barcelona diganjar hadiah penalti pada menit ke-11 di Nou Camp, keputusan ini dibatalkan ketika atas bantuan VAR wasit Felix Brych menyatakan Fred sudah menyentuh bola lebih dulu sebelum Ivan Rakitic. Barca jalan terus untuk menang 3-0 dan lolos ke semifinal dengan agregat 4-0.

16 April 2019 - Juventus vs Ajax - laga kedua perempatfinal
Cristiano Ronaldo menciptakan gol Liga Champions-nya yang ke-126 dari sundulan. Wasit baru memutuskan gol setelah lewat bantuan VAR, dia memutuskan insiden saat gol Ronaldo terjadi tidak berkaitan dengan insiden jatuhnya pemain Ajax Joel Veltman yang ternyata jatuh karena kontak dengan rekannya sendiri Matthijs De Ligt. Ajax secara mengejutkan berbalik menang 2-1 untuk mencapai semifinal dengan agregat 3-2.

17 April 2019 - Porto vs Liverpool - laga kedua perempatfinal
Sudah memimpin 2-0 pada laga pertama di kandang sendiri, Liverpool menciptakan gol pembuka setelah VAR memutuskan Sadio Mane tidak dalam posisi offside pada menit ke-28. Tim asuhan Juergen Klopp memenangkan laga kedua dengan 4-1.

17 April 2019 - Man City vs Tottenham - laga kedua perempatfinal
Pertama:
Dalam pertandingan klasik Liga Champions ini, gol Fernando Llorente pada menit ke-73 memastikan Spurs melangkah ke semifinal berkat unggul gol tandang setelah wasit Cuneyt Cakir melihat VAR untuk memutuskan terjadi atau tidaknya handball sebelum gol dan ternyata diputuskan tidak.
Kedua: Langkah Spurs ke semifinal terkonfirmasi setelah gol Sterling pada detik terakhir dianulir VAR karena Aguero dinyatakan sudah lebih dulu offside sebelum gol itu. Impian City mencetak kuadrapel pun hancur berantakan.

Baca juga: Disingkirkan Tottenham, Guardiola: ini sadis, tapi harus kami terima

Baca juga: Klopp bakal pikirkan cara hentikan Messi tapi tidak sekarang
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar