Kapolres: Situasi Kamtibmas Kota Palu tetap kondusif

id Kapolres Palu,Palu aman

Kapolres: Situasi Kamtibmas Kota Palu tetap kondusif

Kapolres Palu AKBP Mujianto (menghadap kamera) saat berdialog dengan petugas PPK saat mengunjungi tempat penyimpanan kotak suara di salah satu kecamatan di Kota Palu, Jumat (19/4) malam. (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali)

Kita juga melaksanakan patroli dialogis ke beberapa titik keramaian dan obyek vital dengan tujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat," ujarnya.
Palu (ANTARA) - Kapolres Palu AKBP Mujianto mengatakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Ibu Kota Provinsi Sulteng tetap kondusif mulai hari pencoblosan Pemilu dan Pilpres 17 April 2019 sampai hari ini, Sabtu (20/4).

"Hari ini rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan (PPK-panitia pemilihan kecamatan) berlangsung dengan baik, aman dan lancar," katanya kepada ANTARA usai melakukan pemantauan situasi pelaksanaan rapat di sejumlah kecamatan di Kota Palu, Sabtu.

Polres Palu dibantu oleh anggota TNI yang di BKO-kan Kodim 1306/Donggala ke Polres Palu melakukan pengamanan di semua PPK.

"Kita juga melaksanakan patroli dialogis ke beberapa titik keramaian dan obyek vital dengan tujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Bhabinkamtibmas Polres Palu juga melaksanakan pendekatan ke tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh masyarakat untuk mengajak masyarakat Palu untuk tidak mudah terprovokasi dengan adanya berita bohong/hoaks sehingga situasi seperti saat ini akan terwujud terus.

Kapolres Palu, Sulawesi Tengah, AKBP Mujianto sebelumnya mengunjungi sejumlah tempat pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat kecamatan dengan didampingi Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid.

Paur Humas Polres Palu Aiptu Kadek menyebut bahwa Kapolres bersama rombongan berkunjung ke PPK Kecamatan Palu Selatan, Kecamatan Tatanga, PPK Kecamatan Palu Barat, Kecamatan Ulujadi, Kecamatan Palu Timur, Kecamatan Mantikulore, Kecamatan Tawaeli dan PPK Kecamatan Palu Utara.

"Dalam rangka memantau kesiapan tempat pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat kecamatan pada Pemilu serentak tahun 2019 yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 20 April 2019 ini," tuturnya.

Kapolres Palu menyarankan Ketua PPK se-kota Palu agar pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara terpisah dengan tempat penyimpanan kotak suara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Misalnya, jika terjadi aksi protes dari saksi atau massa pendukung salah satu pasangan calon. Juga mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik pada saat rapat pleno berlangsung dengan menyiapkan genset," ujarnya.

Kapolres menyampaikan apresiasi kepada masyarakat luas atas partisipasi dalam pelaksanaan pemilu yang berjalan aman lancar dan tertib.
 
Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyiapkan bahan untuk rekapitulasi suara tingkat kecamatan di Kantor Kecamatan Tatanga, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (20/4/2019) ANTARA FOTO/Basri Marzuki/aww. (ANTARA FOTO/BASRI MARZUKI)