Partai NasDem berpeluang raih kursi Ketua DPRD

id Partai NasDem,NasDem Sulteng,Sigi ,Donggala

Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh saat berkampanye di Lapangan Kilongan, Luwuk Utara Kabupaten Banggai, Sulteng, Selasa 26 Maret 2019. (Humas DPW NasDem)

Kami berdasarkan rekapitulasi C1, suda yang sudah masuk ke kami sebanyak 80 persen
Palu (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) berpeluang meraih kursi atau menduduki kursi ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di dua kabupaten terdampak bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi yaitu Kabupaten Sigi dan Donggala.

"Iya, dengan perolehan kursi yang sangat signifikan untuk hasil pemilihan legislatif 2019, maka kami yakin NasDem meraih kursi Ketua DPRD Sigi dan Donggala," ucap Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulawesi Tengah, Muslimun, Senin.

Berdasarkan hasil rekapitulasi dan tabulasi data C1 Bappilu NasDem Sulawesi Tengah, untuk Kabupaten Sigi NasDem meraih lima kursi pemilihan legislatif.
Sementara untuk Kabupaten Donggala, NasDem juga meraih lima kursi. Atas perolehan itu, Partai Besutan Surya Paloh berpeluang besar menjadi pucuk utama pimpinan tertinggi di kantor elite politik dua kabupaten tersebut.

"Perolehan ini sangat signifikan, dan peningkatan-nya sangat tinggi mencapai 100 persen lebih. Dua kabupaten tersebut total perolehan 10 kursi legislatif," sebut Qimunk, sapaan akrab Muslimun.

Pemilihan legislatif, di Kabupaten Sigi terdapat lima daerah pemilihan. Dari lima daerah pemilihan itu, Partai NasDem memperoleh 1 kursi di setiap dapil.

Hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Donggala. Pemilihan legislatif di Donggala, terdiri dari lima daerah pemilihan. NasDem juga meraih 1 kursi di setiap dapil.
Atas perolehan itu, Partai NasDem sebagai salah satu partai politik yang juga terbilang muda di kanca perpolitikan di tanah air, menjadi pemenang atas hasil tersebut.

"Kami berdasarkan rekapitulasi C1, suda yang sudah masuk ke kami sebanyak 80 persen," sebut Qimunk.

Pada pemilihan legislatif 2014, Partai Nasdem di Kabupaten Sigi memperoleh empat kursi. Sementara di Kabupaten Donggala, Partai NasDem memperoleh dua kursi.

Terkait hal itu Bappilu NasDem Sulawesi Tengah, Ferry membenarkan bahwa Partai NasDem untuk pemilihan legislatif DPRD Kabupaten Sigi dan Donggala total perolehan sepuluh kursi.

"Untuk Donggala dan Sigi total 10 kursi, Donggala dari lima dapil masing-masing dapil NasDem meraih satu kursi. Kabupaten Sigi dari lima dapil, NasDem meraih satu kursi di setiap dapil," urai Ferry.

Ia menambahkan, dari setiap daerah pemilihan di dua kabupaten tersebut tidak ada satu-pun daerah pemilihan, yang NasDem tidak peroleh kursi untuk legislatif.

Baca juga: NasDem sukses besar di Sulteng dalam Pemilu 2019
Baca juga: Nasdem berpotensi raih tiga kursi DPR RI dapil Sulteng

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar