Klik GO ramaikan dunia transportasi daring tanah air

id ilustrasi transportasi online

Klik GO ramaikan dunia transportasi daring tanah air

Ilustrasi: Seorang pengguna transportasi daring atau online memperlihatkan fitur aplikasi pemesanan taksi di Jakarta. (ANTARA/Wahyu Putro A)

Meski transportasi daring bukan bisnis utama Klik GO, kami berharap mereka mengikuti regulasi yang ada apabila ingin bermain di segmen ini
Jakarta (ANTARA) - Dunia transportasi daring tanah air kembali diramaikan dengan kehadiran aplikasi KIik GO yang mengusung konsep bisnis jasa berbasis aplikasi dan media sosial.

Yayan Sofyan selaku direktur utama KIik Go menjelaskan konsep bisnis jasa berbasis aplikasi ini menyertakan media sosial sebagai sarana komunikasi antar pengguna yang mayoritasnya merupakan pengguna media sosial.

Yayan mengatakan salah satu kelebihan aplikasinya adalah besarnya jumlah layanan yang disediakan dalam kebebasan bagi para mitranya untuk berganti layanan yang disediakan.

"Contohnya, kalau di aplikasi sejenis, kalau sudah pilih layanan ojek daring, kita tidak bisa bebas pindah ke taksi daring. Tapi kalau di sini bisa. Mitra kami bisa dengan bebas mengganti layanan yang mereka berikan," ujar Yayan saat jumpa pers peluncuran acara tersebut di The Media Hotel &Towers, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis.

Dia memberikan contoh, meski seorang mitra sudah memilih layanan taksi daring, bukan berarti mitra tersebut tidak boleh menjadi seorang ojek daring atau penyedia jasa lainnya.

"Misalkan mitra kami punya mobil dan motor di rumahnya, dia bebas berpindah layanan kapan saja. Misalkan di jam sibuk ingin narik ojek daring, dan saat hujan memilih jadi taksi daring bisa saja. Bahkan kalau mitra tersebut punya usaha laundry, dia bisa saja mendadak menjadi penyedia jasa laundry daring," ujarnya.

Yayan menyebut aplikasinya bukan sekadar transportasi online namun sebuah aplikasi multi layanan yang memudahkan mitra berganti-ganti layanan setiap hari. Tujuannya tentu adalah memudahkan kehidupan masyarakat

Yayan menyebut ada lebih dari 200 jenis layanan yang disediakan dalam aplikasinya, mulai dari transportasi daring, pemesanan makanan, laundry daring hingga tambal ban daring.

Selain itu Yayan menyebut fungsi sosial media dalam layanannya adalah sebagai bentuk transparansi perusahaan kepada mitra dan konsumen.

"Transparansi yang dimaksud adalah bagaimana kami sebagai aplikator bisa mengetahui masalah di level yang paling bawah, misalnya ada kekurangan dalam suatu layanan, maka konsumen bisa menyampaikannya lewat media sosial dalam aplikasi ini dan hal itu akan langsung terpantau oleh aplikator untuk diperbaiki," pungkasnya.

Sementara itu, Renhard dari Dirjen Perhubungan darat Dinas Perhubungan mengatakan pihaknya mendukung kehadiran aplikasi Klik GO karena kebijakan pihaknya untuk selalu mendukung segala bentuk usaha kerakyatan.

Meski jasa transportasi online bukan bisnis utama aplikasi Klik GO, pihaknya berharap Klik GO untuk mengikuti regulasi yang ada terkait transportas daring.

"Meski transportasi daring bukan bisnis utama Klik GO, kami berharap mereka mengikuti regulasi yang ada apabila ingin bermain di segmen ini," ujar Renhard.

Baca juga: Asosiasi pengusaha dukung Klik GO