Polda tekankan tujuh sasaran operasi lalulintas 2019

id Polda Sulteng,Operasi Lalulintas

Polda tekankan tujuh sasaran operasi lalulintas 2019

Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, saat menyematkan tanda Operasi Keselamatan 2019 pada apel gelar pasukan di lapangan Mapolda Sulteng, Jumat. (Antara/Humas Polda). (HumasPolda)

Pelaksanaan operasi keselamatan Tinombala tahun ini, diprioritaskan kegiatan pendidikan masyarakat yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polantas
Palu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, mengatakan operasi keselamatan 2019 yang dilaksanakan jajaran kepolisian seluruh Indonesia, termasuk Polda Sulteng akan menekankan pada tujuh sasaran pelanggaran.

“Satu menggunakan handpone saat mengemudi, kedua tidak mengunakan safety belt, ketiga melawan arus lalulintas,” kata Kapolda Sulteng pada sambutan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Drs Refdi Andri, M.Si, pada apel gelar pasukan operasi terpusat Operasi Keselamatan Tinombala 2019, di lapangan Mapolda Sulteng, Jumat.

Keempat, mengenderai di bawah pengaruh alkohol, minuman keras atau narkoba. Kelima mengemudikan kenderaan di bawah umur, keenam melebihi batas kecepatan maksimal dan ketujuh mengunakan bahu jalan bukan untuk peruntukkannya.

Operasi keselematan 2019 ini, kata dia, diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi, diantaranya dapat meningkatkan disiplin masyarakat saat berlalulintas di jalan raya.

Juga, menimalisasi pelanggaran dan kecelakaan berlalu lintas, menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan lalulintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentunya opini positif dan citra tertertib dalam berlalu lintas.

“Pelaksanaan operasi keselamatan Tinombala tahun ini, diprioritaskan kegiatan pendidikan masyarakat yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polantas," katanya. 

Di samping itu untuk mengedukasi masyarakat agar menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang tertib.

Kapolda berharap seluruh personel yang terlibat operasi Keselamatan Tinombala 2019 agar menjaga keselamatan dalam pelaksanaan tugas di lapangan, meningkatkan disiplin personel agar terwujudnya pelayanan yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme, sehingga masyarakat tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas di jalan raya.

Apel gelar pasukan ini melibatkan personel gabungan TNI dan Polri, dihadiri Wakapolda Sulteng, Kombes. Pol. Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, SH, M.Hum, Irwasda Polda Sulteng, Kombes. Pol. Drs. Aries Syarief Hidayat, MM, dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda, kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah, Dan Denpom Palu, dan kepala Jasa Raharja Cabang Sulteng.***