Inggris umumkan sembilan juta pound buat proyek desalinasi air Jalur Gaza

id Inggris,Proyek Desalinasi,Palestina,Jalur Gaza

Inggris umumkan sembilan juta pound buat proyek desalinasi air Jalur Gaza

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh berbicara dalam rapat kabinet pemerintahan baru Palestina di Ramallah, Tepi Barat, Senin (15/4/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamad Torokman/wsj/cfo

Brussels, Belgia (ANTARA) - Inggris pada Selasa (30/4) mengumumkan sumbangan sembilan juta pound sterling buat proyek desalinasi air Jalur Gaza, kata Kepala Dinas Pengairan Palestina (PWA) Mazen Ghneim.

Pengumuman tersebut disampaikan selama pembukaan konferensi internasional mengenai proyek desalinasi air di Jalur Gaza, yang dihadiri oleh 31 negara dan diselenggarakan di Markas Komisi Eropa di Brussels, Belgia.

Konferensi itu bertujuan mengumpulkan uang agar proyek tersebut bisa dimulai setelah tahun lalu terkumpul 565 juta dolar AS, atau 80 persen dari seluruh biaya proyek tersebut.

Dalam pembukaan konferensi itu, Ghneim mendesak donor agar terus mendukung proyek tersebut karena kepentingannya buat lebih dari dua juta orang yang tinggal di Jalur Gaza, yang terkepung.

Ia mengatakan PWA telah menyelesaikan sebagian besar proyek itu dan pekerjaan akan dimulai sekitar akhir tahun ini, demikian laporan Kantor Berita Palestina, WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu.

Proyek tersebut diperkirakan akan menyediakan 55 juta meter kubik air per tahun pada tahap pertama sampai 2021, tapi nanti akan diperluas sehingga menyediakan 110 juta meter kubik air setiap tahun.

Ia mengatakan proyek itu diperkirakan akan memberi Jalur Gaza, yang saat ini hanya memiliki tiga persen air yang layak diminum sedangkan 97 persen air daerah sabuk pantai tersebut tak layak buat konsumsi manusia, sehingga proyek desalinasi air itu menjadi satu-satunya jalan ke luar bagi krisis kemanusiaannya.

Sumber: WAFA