Arsenal tundukkan Valencia 3-1

id arsenal,alexandre lacazette,valencia,pierre emerick aubameyang,liga europa,semifinal liga europa

Arsenal tundukkan Valencia 3-1

Penyerang Arsenal Alexandre Lacazette (kiri) melakukan selebrasi khas bersama tandemnya Pierre-Emerick Aubameyang (kanan) usai mencetak gol ke gawang Valencia dalam laga pertama semifinal Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris, Kamis (2/5/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Paul Childs)

Jakarta (ANTARA) - Duet penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang, tampil gemilang ketika mengantarkan timnya menundukkan Valencia 3-1 dalam laga pertama semifinal Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris, Jumat dini hari WIB.

Lacazette mengemas dwigol dan Aubameyang menambahkan dengan satu golnya demi mengubur dalam-dalam keunggulan yang sempat dicuri Valencia lewat Mouctar Diakhaby, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu menjadi bekal yang cukup positif bagi tim besutan Unai Emery sebelum melawat ke Mestalla untuk melakoni laga kedua pada pekan depan.

Tuan rumah sempat tertingggal lebih dulu lewat gol cepat Valencia yang dicetak Diakhaby pada menit ke-11. Legiun Prancis itu berhasil melompat paling tinggi untuk menyelesaikan umpan sundulan Rodrigo Moreno yang meneruskan bola sepak pojok kiriman Dani Parejo.

Valencia sempat kembali mengancam gawang Arsenal empat menit kemudian, namun kali ini kiper Petr Cech sigap menghalau bola tembakan Parejo, dan bola muntah yang berusaha diamankan Ainsley Maitland-Niles malah direbut tendangan sentuhan pertama Goncalo Guedes yang sayangnya melambung di atas sasaran.

Ironisnya, kegagalan memanfaatkan peluang tersebut bakal disesali Valencia. Sebab, tiga menit berselang Lacazette sukses menyamakan kedudukan ketika ia menerima umpan balik dari Aubameyang dan melepaskan tembakan ke gawang tak bertuan.

Arsenal lantas malah berbalik memegang keunggulan ketika Lacazette berhasil mencetak gol keduanya dengan sundulan menyambut umpan silang terukur Granit Xhaka pada menit ke-25.

Bola sempat berusaha dihalau kiper Neto dengan membenturkannya ke tiang gawang, namun malah memantul melewati garis gawang dan gol dipastikan teknologi garis gawang yang tertera di jam tangan wasit Clement Turpin. Arsenal dua, Valencia satu.

Dua tembakan melambung terjadi dalam dua kesempatan yang terlahir di masing-masing sisi lapangan, sebelum skor tersebut tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: Ozil masih ingin bertahan di Arsenal hingga musim depan

Lima menit memasuki babak kedua, Arsenal patut berterima kasih kepada Diakhaby yang berdiri di "posisi tepat" untuk menghalangi bola sambaran keras Carlos Soler dan membuatnya melenceng dari sasaran awal.

Lacazette berpeluang melengkapi raihan trigol pada menit ke-63, namun ia tak mampu menemui bola umpan silang kiriman Aubameyang yang akhirnya disapu oleh Jose Gaya.

Empat menit kemudian, Neto melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau peluang emas Lacazette dengan kakinya dan ketika bola muntah jatuh disambar Aubameyang ia hanya berakhir menjadi sepak pojok.

Di sisi gawang berbeda, Cech juga beraksi dengan kakinya untuk menghentikan upaya umpan tarik pemain pengganti Kevin Gameiro pada menit ke-73.

Kedua tim terus mencari gol tambahan sebelum laga berakhir dan Arsenal menjadi pihak yang berhasil melakukannya. Tepat memasuki menit pertama masa injury time, sebuah umpan lambung ke area tiang jauh yang dilepaskan Sead Kolasinac berhasil diselesaikan oleh Aubameyang untuk memastikan kemenangan Arsenal menjadi 3-1 atas Valencia.

Baca juga: Cedera paha, Suarez absen perkuat Arsenal hingga akhir musim

Baca juga: Ramsey harus tinggalkan Arsenal tanpa laga perpisahan

Susunan pemain:

Arsenal (4-3-1-2): Petr Cech; Shkodran Mustafi, Sokratis Papastathopoulos, Laurent Koscielny (Nacho Monreal), Sead Kolasinac; Ainsley Maitland-Niles, Matteo Guendouzi (Lucas Torreira), Granit Xhaka; Mesut Oezil (Henrikh Mkhitaryan); Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang
Pelatih: Unai Emery

Valencia (5-4-1): Neto; Cristian Piccini, Facundo Roncaglia, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya; Carlos Soler (Daniel Wass), Mouctar Diakhaby, Dani Parejo, Goncalo Guedes (Kevin Gameiro); Rodrigo Moreno (Santi Mina)
Pelatih: Marcelino Garcia Toral
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar