KPU rekapitulasi suara Pemilu di luar negeri

id penghitungan pemilu,ppln pemilu,rekapitulasi suara,suara pemilu,penghitungan suara

KPU rekapitulasi  suara Pemilu di luar negeri

Proses penghitungan suara dilakukan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Riyadh. (Foto: ANTARA/PPLN Riyadh)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional Pemilu 2019 luar negeri di Kantor KPU, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu.

"Untuk hasil pemilu luar negeri, kami lakukan dalam satu panel dan forum karena delegasi yang hadir belum semuanya hadir," kata Ketua KPU RI, Arief Budiman, di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu.

KPU akan membacakan hasil pemilu dari 26 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi kali ini.

Ada dua lokasi rekapitulasi penghitungan suara pemilu luar negeri. Untuk pilpres dipusatkan di tenda halaman kantor KPU, sedangkan untuk pemilu legislatif berada di ruang sidang utama lantai 2 Kantor KPU, Jakarta.

"Untuk beberapa PPLN dan delegasi luar negeri belum dapat hadir. Nanti kami minta pokja di tingkat PPPLN untuk menyampaikan rekapitulasi di tingkat nasional," ujar Budiman.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi kali ini juga dihadiri oleh Bawaslu, saksi dari partai politik dan pasangan calon masing-masing peserta pemilu, serta pemantau pemilu.

Sedangkan daftar 26 PPLN yang akan direkapitulasi, yaitu Sarajevo, Pyongyang, Lima, Tashkent, Cape Town, Bucharest, Tunis, Lisabon, Karachi, dan Praha.

Selanjutnya PPLN Hanoi, Yangon, Rabat, New Delhi, Dakar, Helsinki, Wina, Moskow, Khartoum, Bandar Sri Begawan, Taipei, Kuwait, Melbourne, Singapura, Perth, dan Tokyo.