Sulteng ketambahan 11 persen elpiji bersubsidi saat puasa

id Pertamina, elpiji, ramadhan, puasa, sulteng

Sulteng ketambahan 11 persen elpiji bersubsidi saat puasa

Ilustrasi, Distribusi gas elpiji tiga kilogram (Antaranews/ist/imm)

Palu (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menambah pasokan elpiji bersubsidi 3 kilogram di Provinsi Sulawesi Tengah guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

"Kami pastikan kebutuhan elpiji bersubsidi maupun nonsubsidi salama puasa terpenuhi dengan baik, sehingga terjadi penambahan pasokan," ungkap Unit Manager Communication & CSR MOR VII Sulawesi Hatim Ilwan yang dihubungi dari Palu, Minggu. 

Kebutuhan pemakaian elpiji khususnya bersubsidi selama Ramadhan diprediksi meningkat selama sebulan. 

Ilwan memaparkan ketambahan elpiji di Sulteng cukup besar yakni 11,9 persen kemudian Sulawesi Selatan 10,4 persen, Sulawesi Utara 8,6 persen, Sulawesi Barat 8 persen, Sulawesi Tenggara 7,4 persen dan Gorontalo 2,2 persen. 

"Alokasi setiap daerah bervariasi sesuai tingkat kebutuhan, " tambah Ilwan. 

Guna memenuhi kebutuhan di tingkat masyarakat, katanya, Pertamina akan menyiapkan sebanyak 550.000 tabung elpiji bersubsidi 3 kilogram selama Ramadhan untuk seluruh daerah di pulau Sulawesi. 

Dia menguraikan, alokasi normal elpiji bersubsidi di Sulawesi sebesar 1.490 metrikton per hari, dengan penambahan sebanyak 550.000 tabung, maka konsumsi elpiji bersubsidi meningkat 1.630 metrikton per hari. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena pasokan tersedia. Satgas Pertamina akan terus memonitor konsumsi elpiji di masyarakat, sehingga bila terjadi lonjakan Pertamina dapat mengantisipasi lebih cepat," ujarnya.

Dia menghimbau, bagi warga yang sudah dalam kategoti mampu agar  menggunakan elpiji nonsubsidi, pertamina telah menyediakan Bright Gas, elpiji bersubsidi 3 kilogram adalah produk disediakan negara yang dikhususkan bagi warga tidak mampu. 

Meski begitu, hingga kini masyarakat di Kota Palu dan sekitarnya sulit mendapat elpiji bersubsidi di pangkalan resmi, bahkan di Kabupaten Parigi Moutong, harga elpiji bersubsidi 3 kilogram ditingkat pengecer Rp50.000 per tabung. 

Baca juga: Konsumsi Elpiji di Palu Meningkat Pascabencana
Baca juga: Pertamina operasi pasar elpiji di Palu