Luhut: pemerintah akan pastikan insiden kapal Vietnam

id Luhut Pandjaitan, bakamla, insiden kapal vietnam

Luhut: pemerintah akan pastikan  insiden kapal Vietnam

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (ANTARA/Ade Irma Junida)

Sekarang sedang dilakukan investigasi dengan cermat. Akan dilihat di Google Maps apakah itu (wilayah) yang sedang selisih sama mereka atau tidak

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan memastikan lokasi insiden ditabraknya KRI Tjiptadi-381 oleh kapal pengawas perikanan Vietnam pada Sabtu (27/4) lalu di Laut Natuna Utara merupakan wilayah perselisihan atau bukan.

Luhut dalam kegiatan Afternoon Tea bersama wartawan di Jakarta, Rabu, mengatakan saat ini tengah menunggu hasil investasi atas insiden tersebut.

"Sekarang sedang dilakukan investigasi dengan cermat. Akan dilihat di Google Maps apakah itu (wilayah) yang sedang selisih sama mereka atau tidak," katanya.

Luhut menyebut saat ini penting untuk memastikan apa yang terjadi dalam insiden tersebut. Ia pun mengaku tidak ingin bersikap reaktif atas kejadian tersebut.

"Kita sedang memastikan apa yang terjadi, apakah 'overlap'. Kita tidak ingin buru-buru, jangan marah-marah," tuturnya.

Mantan Menko Polhukam itu mengatakan salah satu hal yang harus dievaluasi dari insiden tersebut adalah perlunya melakukan harmonisasi peraturan soal kewenangan pengamanan laut yang seharusnya dilakukan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Menurut dia, harmonisasi peraturan akan nantinya akan dapat memberi kewenangan lebih jelas terhadap Bakamla.

"Jadi nanti seperti 'coast guard' internasional," tuturnya.