Universitas Telkom dan Uhamka juarai Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional II

id Kontes Robot Indonesia,ft uhamka,itenas,robot,Universitas Telkom,juarai Kontes Robot,juarai KRI

Tim Robotika dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) menjadi juara kedua pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Tingkat Regional II untuk Divisi Kontes Robot ABU (Asia-Pacific Broadcast Union) Robocon Indonesia (KRAI) yang digelar di Itenas, Bandung, 2-4 Mei 2019. (Uhamka)

Kami bersyukur kepada Allah SWT karena telah meraih prestasi yang membanggakan menjadi Runner Up
Jakarta (ANTARA) - Tim Robotika dari Universitas Telkom dan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) menjadi juara pertama dan kedua pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Tingkat Regional II untuk Divisi Kontes Robot ABU (Asia-Pacific Broadcast Union) Robocon Indonesia (KRAI).

Kontes Robot yang digelar di Institut Teknologi Nasional (Itenas), Bandung pada 2-4 Mei itu diikuti oleh 314 Tim dari berbagai Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang berada di wilayah barat, kata Dekan Fakultas Teknik Uhamka, Dr.Sugema, M.Kom seperti disebut dalam keterangan tertulis Uhamka di Jakarta, Rabu malam.

Sebanyak 314 tim tersebut terbagi dalam 5 divisi kontes, yaitu Divisi Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI) terdiri dari 57 tim, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki diikuti 117 tim, Kontes Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI Beroda) terdiri dari 74 tim, Kontes Robot Sepakbola (KRSBI Humanoid terdiri dari 18 tim dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) diikuti oleh 48 tim.

Fakultas Teknik Uhamka, kata Sugema, mengikuti dua jenis kontes, yaitu Tim Robucom, mengikuti Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI) dan Tim Uroita19 mengikuti Kontes Robot Pemadam Api Berkaki (KRPAI).

Kontes yang diadakan setiap tahun ini merupakan kegiatan tahunan dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Para pemenang kontes akan maju ke Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Kota Semarang pada 19-23 Juni 2019.

Diuraikan, setelah melalui perjuangan yang menegangkan di babak penyisihan pada divisi kontes KRAI, Tim Robucom Uhamka berhasil melaju menembus babak perempat final dan menghadapi Tim Tangguh dari ITB.

"Alhamdulillah Tim Robot FT Uhamka mampu mengalahkan Tim ITB, dan melaju ke babak Semifinal," kata Sugema.

Di babak semifinal Robucom Uhamka menghadapi Tim PNJ (Politeknik Negeri Jakarta) dan berhasil mengalahkannya, sehingga Robucom melaju ke Babak Final berhadapan dengan Tim Universitas Telkom Bandung.

Namun di babak final ini, diakuinya, Tim FT Uhamka harus mengakui keunggulan Tim Universitas Telkom Bandung dan harus puas menjadi Runner up pada divisi Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI). Sedangkan juara ketiga diraih Tim EL Forza 19 dari Universitas Negeri Jakarta.

"Kami bersyukur kepada Allah SWT karena telah meraih prestasi yang membanggakan menjadi Runner Up," katanya.

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar