Puncak peringatan Paskah Nasional di Tentena Poso berlangsung meriah

id obor paskah,tentena

Wakil Bupati Poso T Samsuri menerima Obor Paskah Nasional dari Ketua Lembaga Paskah Nasional Pendeta Dr Sephart Supit, di Rumah Jabatan Bupati Poso, Kamis. (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Tentena (ANTARA) - Puncak perayaan Paskah Nasional ke-15 Tahun 2019 yang dipusatkan di Anjungan Fastival Danau Poso (FDP) di tepian Danau Poso, Tentena, Jumat (10/5) berlangsung meriah dihadiri ribuan orang.

Acara ini dihadiri Dirjen Bimas Kristen Kemenag Thomas Pentury, Sekertaris Umum PGI, Asitsen Adminstrasi dan Pembangunan Propinsi Sulteng Elim Somba, dan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dan banyak pejabat lain dengan mengusung thema Karya Terbesar.

Bupati Darmin  mengatakan Paskah untuk mendorong umat manusia untuk saling mengasihi, karena itu karya terbesar sesuai tema paskah, kiranya mampu memancarkan sinar kasih perdamaian bagi seluruh umat termasuk yang mendiami tanah sintuwu maroso Poso. 

"Momentum paskah dimana Obor Perdamaian disemayamkan di Kota Tentena ini kiranya terus membangkitakan semangat perdamaian dan cinta kasih kita untuk melanjutkan karya terbesar," tutur Darmin.

Sementara itu Thomas pentury dalam sambutannya mengatakan perayaan paskah nasional saat ini, mengankat tema sintuwu maroso yang artinya bersatu kita teguh. Paskah yang telah diperingati bulan lalu berakar dari pembebasan bangsa israel dari perbudakan di Mesir. 

Dalam konteks bangsa Iindonesia, kita juga mengenang jasa para pahlawan yang telah mengobarkan diri mereka agar terbebas dari perbudakan dan kita juga tergugah untuk berbuat baik bagi bangsa Idonesia dan bagi kemulian Tuhan. Melalui perayaan paskah Nasional, kita juga mengenang karya Allah yang agung bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtra.

"Melalui paskah hendaknya kita semua mengaktualisasikan kasih dan teladan Yesus dalam wujud kepedulian terhadap sesama, kerukuan, persatuan dan kesatuan serta semangat gotong royong," ujar Thomas.

Acara itu dimeriahkan dengan devile 28 klasis gereja dan membawa obor paskah oleh rombongan Pdt Sephard Supit yang diiringi marcing band.

Sebelum puncak acara dimulai, beberapa kegiatan lain telah dilaksanakan seperti penanaman pohon di tepi Danau Poso, serta seminar di Banua Pogombo.
 
Sekdaprov Sulteng Dr Moh. Hidayat Lamakarate, MSi (kiri) didampingi Ketua Lembaga Paskah Nasional Pdt Dr Shepard Supit (kiri-kaos hitam) mengangkat bendera start pada pelepasan pawai Obor Paskah Nasional keliling Kota Palu, Rabu (7/5) petang. (Antaranews Sulteng/Rolex Malaha)
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar