Harga bawang putih di Palu turun

id Palu,Bawang putih

Salah satu pedagang sembako di Pasar Tradisonal Masomba Kota Palu menjajakan sembako dan bawang putih jualannya kepada konsumen. (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Palu (ANTARA) - Harga bawang putih di Kota Palu mengalami penurunan setelah sepekan terakhir melonjak tajam hingga di kisaran Rp100.000 per kilogram.

Pantauan di dua pasar terbesar di Kota Palu yakni Pasar Tradisional Inpres Manonda dan Pasar Tradisional Masomba, Rabu,  harga bawang putih perlahan turun sejak beberapa hari terakhir.

"Harga bawang putih yang saya jual Rp60 ribu per kilo. Tiga hari yang lalu harganya sampai Rp90 ribu per kilo,"kata pedagang sembako di Pasar Tradisional Inpres Masomba, Wulan.

Wulan menyebut mahalnya harga bawang putih yang dijual para pedagang di pasar tradisional terbesar di Sulawesi Tengah itu disebabkan kurang pasokan bawang putih dari distributor sementara permintaan akan bawang putih sangat tinggi.

"Pasokannya kurang. Biasanya kalau normal harga bawang putih yang dijual antara Rp30 ribu sampai Rp40 ribu per kilo,"ucapnya.

Sementara itu pedagang di Pasar Tradisional Inpres Manonda lainnya, Hariani menjajakan bawang putih dagangannya seharga Rp50.000 per kilogram.

"Hari ini sudah turun. Kemarin harganya Rp80 ribu per kilogram. Hampir semua sembako harganya naik tapi yang paking naik harganya itu bawang putih,"imbuhnya

Dia berharap lonjakan tersebut dapat segera teratasi dan harga barang-barang kebutuhan pokok termasuk bawang putih dapat kembali normal sebelum memasuki akhir bulan Ramadan.

Bawang putih yang dijual Riri, pedagang sembako di Pasar Tradisional Masomba bahkan sudah menyentuh harga terendah sejak sepekan terakhir yakni Rp45.000 per kilo.

"Dua hari lalu saya jual Rp100.000 per kilo. Pernah sehari saya tidak jual bawang putih karena pasokan dari distributor tidak ada,"katanya.

Dia menyebut mahalnya harga bawang putih di kalangan pedagang sembako di Pasar Tradisional Masomba lantaran kurangnya pasokan bawang putih dari luar Sulawesi Tengah yang dikirim ke Palu.

"Bawang putih ini didatangkan dari Surabaya. Ini stok bawang putihnya sudah ada dan didistribusikan ke saya dan pedang sembako di sini dengan pedagang di Pasar Tradisional Inpres Manonda,"ujarnya.

Dia juga berharap harga bawang putih dapat pulih secepatnya di kisaran Rp30.000 - Rp40.000 per kilogram.

Harga bawang putih di Sulawesi Tengah sejak sepekan terakhir naik tajam hingga menyentuh Rp110.000 per kilogram. Penyebabnya ketersediaan bawang putih yang dipasok tidak sanggup memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi di bulan suci Ramadan.


 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar