Wali Kota minta perawat tulus dan ikhlas rawat pasien

id Wali kota,Perawat,Pasien

Wali Kota minta perawat tulus dan ikhlas rawat pasien

Wali Kota Palu Hidayat didampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum, Imran foto bersama usai membuka Musyawarah Daerah IV Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Palu di Palu, Sabtu (18/5). (HumasPalu/Imron)

Kalau perawat memiliki suatu permasalahan pribadi, jangan diluapkan kepada pasien
Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu Drs Hidayat MSI, menekankan kepada perawat dalam bekerja harus melayani pasien dengan ramah, murah senyum, tulus, ikhlas dengan suasana hati yang baik agar pasien merasa nyaman.

"Kalau perawat memiliki suatu permasalahan pribadi, jangan diluapkan kepada pasien," kata Hidayat saat membuka Musyawarah Daerah Ke IV Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Palu di Hotel Sentral Palu, Sabtu.

Musyawarah daerah ini tersebut bertujuan membangun konsolidasi seluruh perawat se-Kota Palu guna mengoptimalkan fungsi pelayanan kesehatan. 

Olehnya, kata Hidayat dibutuhkan sebuah wadah atau lembaga yang dapat menjadi fasilitator dan akselitator bagi tenaga kesehatan.

Wali kota meminta agar perawat tenaga kesehatan buat pasien senyaman mungkin agar sakitnya tidak terbebani dengan perilaku perawat yang tidak sesuai dengan kode etik keperawatan. 

Perawat, katanya dapat dikatakan sebagai profesi pengabdian yang sangat mengedepankan profesionalisme dalam bekerja.

Menurutnya, perawat merupakan salah satu unsur pembangunan kesehatan masyarakat yang saat ini mempunyai populasi terbanyak di antara profesi kesehatan lain seperti dokter, farmasi, bidan serta profesi yang lainnya. 

"Perawat menempati urutan pertama sebagai pemberi pelayanan kesehatan yang tersebar di barbagai instansi baik di rumah sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan maupun lembaga pendidikan," ungkapnya.

Tentunya kata Hidayat, PPNI menjadi wadah aspirasi para perawat, dan kedepannya PPNI lebih profesional dan bisa membawa perawat sejahtera dan bisa bekerja dimana saja.

Wali kota berharap PPNI semakin berkontribusi dalam pencapaian target di bidang kesehatan untuk Kota Palu yang lebih baik.

Hidayat berharap pelaksanaan Musda PPNI berjalan baik dan lancar sehingga dapat melahirkan keputusan terbaik untuk lebih meningkatkn kualitas dan kesejahteraan perawat Kota Palu yang sekaligus mengukuhkan eksistensi PPNI di Kota Palu dan pembangunan kesehatan daerah secara merata.

Musda tersebut dihadiri berbagai unsur di antaranya Direktur Rumah Sakit se- Kota Palu, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Prov Sulteng, PPNI Kota Palu, Kepala Puskesmas se-Kota Palu, pimpinan organisasi dan institut kesehatan se-Kota Palu, serta seluruh peserta Musda yang sempat hadir.

Wali kota Palu dalam sambutannya mengatakan, pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang dilaksanakan secara berkesinambungan. 

Keberhasilan pembangunan kesehatan masyarakat, katanya, dipengaruhi oleh banyak aspek, salah satunya adalah dari pekaksanaan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat.***