Gelombang Laut Kepri Empat Meter

id ombak, kepri, tinggi, BMKG

 Gelombang Laut Kepri Empat Meter

(FOTO ANTARA/Oky Lukmansyah)

Batam (antarasulteng.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam mencatat tinggi gelombang laut perairan di Kepulauan Riau mencapai empat meter pada Senin.
        
Petugas Forecaster BMKG Hang Nadim Batam Asri Nizam Mawardi mengatakan gelombang paling tinggi di perairan Natuna dan Anambas, sehingga nelayan diminta berhati-hati.
        
"Untuk aktivitas kelautan dihimbau agar berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi dan arus laut yang cukup kuat di Perairan Natuna dan Bintan," kata Nizam.
        
Sementara itu, BMKG memprakirakan cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan yang terkadang disertai petir. Kondisi itu kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara.
        
Daerah dengan tekanan rendah yang terjadi di barat pulau Sumatera menyebabkan pola angin belokan (Shearline) di wilayah Kepulauan Riau. Hal itu, kata Nizam mendukung proses pertumbuhan awan.
        
"Dengan kondisi udara atas yang labil serta kelembaban yang tinggi, maka potensi pertumbuhan awan menjadi semakin besar," kata dia.
        
Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Senin pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 34 kilo meter per jam utara.