Kapori Tito Karnavian harap damai di lebaran terus ke MK

id Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebaran,arus mudik,arus balik,tito karnavian,damai lebar

Kapori Tito Karnavian harap damai di lebaran terus ke MK

Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian. (ANTARA/Wahyu Putro)

Secara umum, situasi stabilitas kamtibmas selama operasi Mantap Bratayang dilakukan mulai tanggal 29 Mei sampai dengan hari ini relatif stabil di seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian, berharap kelak sidang gugatan sengketa Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi dapat berlangsung damai, layaknya suasana Lebaran tahun ini.

"Secara umum, situasi stabilitas kamtibmas selama operasi Mantap Bratayang dilakukan mulai tanggal 29 Mei sampai dengan hari ini relatif stabil di seluruh Indonesia," ujar dia, di Markas Besar Kepolisian Indonesia, Jakarta, Rabu.

"Di wilayah lain di Indonesia, saya belum mendapat informasi insiden. Bentuk kriminal begal misalnya, dimana Sumatera Selatan dan Lampung biasanya ada. Ini tidak ada," kata dia.

Bahkan, menurut dia, terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas yang cukup signifikan pada Lebaran 2019. "Lebih dari separuh turunnya," kata dia.

Ia juga mengungkapkan bom bunuh diri di Sukoharjo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu memang sempat mengagetkan masyarakat. Namun, kejadian tersebut berhasil diatasi dengan cepat dan tidak menimbulkan gejolak.

Menurut dia, suasana kondusif ini merupakan sinyal baik, yang juga menandakan bahwa masyarakat menginginkan keamanan dan perdamaian. "Kami berharap hikmah Lebaran di seluruh Indonesia ini bisa berlanjut terus, termasuk situasi politik dan ke MK. Masyarakat mendambakan kedamaian, tidak menghendaki kerusuhan. Mari kita hormati proses yang ada dengan damai dan tertib," kata dia.

Baca juga: Tips hindari kemacetan arus balik
Baca juga: Kapolri bersyukur politik sudah "dingin" jelang Lebaran
Baca juga: Kapolri: Wiranto, Luhut, BG dan Gories Mere jadi target pembunuhan