Pemkab Morowali Utara-FKUB Sulteng kerja sama pembinaan hubungan antar umat beragama

id MUI,FKUB,Morowali Utara,Halal Bi Halal

Ketua FKUB Sulteng Prof KH Zainal Abidin MAg foto bersama Bupati Morowali Utara dan beberapa pejabat disela-sela halal bi halal, di Kantor Bupati Morowali Utara, Senin. (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Kerja sama lebih pada upaya penguatan hubungan antar warga  pemeluk agama di Morowali Utara menjadi hal yang penting,
Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Morowali Utara  menggandeng Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah dalam kerja sama pembinaan hubungan antar umat beragama.

"Kerja sama lebih pada upaya penguatan hubungan antar warga  pemeluk agama di Morowali Utara menjadi hal yang penting," ucap Ketua FKUB Sulteng Prof Dr KH Zainal Abidin MAg, di Palu, Selasa.

Dewan Pakar Pengurus Besar Alkhairaat itu mengemukakan bahwa, Morowali Utara menjadi salah satu daerah di Sulteng yang dihuni multi etnis, bahasa dan agama serta budaya.

Oleh karena itu, penguatan silaturahim antarsesama manusia dengan pendekatan agama, budaya menjadi hal penting, untuk kemajuan pembangunan daerah.

Rektor Pertama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu itu menerangkan, terdapat tiga aspek ukhuwah atau hubungan yang perlu di tingkatkan untuk kemajuan Morowali Utara.

Yaitu, sebut dia, ukhuwah sesama pemeluk agama, hubungan atau persaudaraan bangsa, hubungan antarsesama manusia, yang harus di perkuat.

"Tiga hal ini perlu di kuatkan dan di perhatikan oleh pemerintah, agar menunjang upaya Pemkab Morowali Utara mengantar Morowali Utara sejajar dengan daerah lain di Sulawesi Tengah, atau dengan daerah lain di luar Sulteng," kata Rois Syuria Nahdlatul Ulama Sulteng itu.

Lewat pendekatan agama, kata dia, semua agama mengajarkan tentang kebaikan. Kebaikan itu, salah satunya yakni berbuat baik kepada sesama manusia tanpa melihat latar belakang apapun.

"Membangun silaturahim atau hubungan sesama manusia lewat halal bi halal menjadi hal penting. Selain memohon maaf dan memberi maaf, harus di ikutkan dengan berbuat baik," ujarnya.

Ketua FKUB Sulteng Prof KH Zainal Abidin MAg menyerahkan buku hasil tulisannya kepada Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor usai menyampaikan ceramah tentang halal bi halal, di Kantor Bupati Morowali Utara, Senin. (Antaranews/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar