Jagung-kelapa dominasi transaksi di pasar lelang Manado

id Jagung-Kelapa Dominasi Transaksi PLKA Sulut

Jagung-kelapa dominasi transaksi di pasar lelang Manado

Kegiatan PLKA di Sulut tahun 2019. (1)

Jagung mampu ditransaksikan hingga mencapai Rp2,25 miliar dengan kelapa Rp1,25 miliar

Manado (ANTARA) - Komoditas jagung dan kelapa biji memdominasi transaksi Pasar Lelang Komoditi Agro (PLKA) di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) selama 2019.

"Jagung mampu ditransaksikan hingga mencapai Rp2,25 miliar dengan kelapa Rp1,25 miliar," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Hanny Wajong di Manado, Kamis.

Hanny mengatakan komoditas yang diminati lain kacang sangrai sebesar Rp6 juta, keripik pisang Rp13,8 juta, keripik ubi Rp5,62 juta.

"PLKA kali ini masih didominasi oleh komoditas jagung. Sehingga akan terus didorong agar semua petani dan pelaku usaha di Sulut agar manfaatkan ajang tersebut," katanya.

Hanny menjelaskan minat petani dan pelaku usaha mengikuti PLKA Sulut pada periode ini tahun 2019 cukup tinggi.

Dia mengatakan melihat minat petani yang tinggi ini, diharapkan akan mendapatkan harga yang baik.

"Karena harga jual produk dalam PLKA masih lebih tinggi dan menguntungkan petani dibandingkan di pasar dan swalayan," jelasnya.

Ia mengatakan harga jual yang lebih tinggi bagi petani karena penjual dan pembeli dipertemukan secara langsung, sehingga tidak ada lagi perantara yang banyak dan membuat petani mendapatkan harga rendah.

"Kami berharap akan semakin banyak petani yang memanfaatkan PLKA Sulut 2019 karena tahun ini akan dilakukan sebanyak delapan kali," jelasnya.
 

Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar