Qatar Buka Bandara Baru Berkapasitas 30 Juta Penumpang

id qatar, bandara

Doha, (antarasulteng.com) - Qatar, negara yang kaya energi akan membuka bandara baru pada 1 April mendatang, dengan kapasitas dapat menangani 30 juta penumpang, karena negara Teluk itu berupaya untuk meningkatkan pangsa transit perjalanan udara, kata seorang pejabat Senin.

"Kapasitas tahunan Hamad International Airport itu akan mencapai 30 juta penumpang ketika dibuka pada 1 April," kata kepala otoritas  Penerbangan Sipil Qatar Abdul Aziz al-Nuaimi kepada AFP.

Ia mengatakan biaya membangun hub baru selama hampir delapan tahun itu "melebihi 15 miliar dolar."
Sebelas operator asing akan menjadi maskapai penerbangan pertama yang menggunakan fasilitas baru, sementara pembawa bendera emirat, Qatar Airways, bergabung dalam kuartal ke dua 2013, katanya.

Bandara baru membentang lebih dari 29 kilometer persegi (11,2 mil persegi), dan fitur dua landasan pacu masing-masing sepanjang 4,85 kilometer (tiga mil) dan 4,25 kilometer (2,64 mil). Terminal ini memiliki luas total 60 hektare.

Bandara baru, akan menggantikan bandara lama Doha International dan diharapkan bisa meningkatkan kapasitasnya menjadi 50 juta penumpang per tahun pada 2020.

Qatar Airway adalah salah satu operator yang berkembang cepat  seperti operator tetangga di Teluk - Dubai Emirates dan Etihad Abu Dhabi - bersaing untuk meningkatkan pangsa perjalanan transit antara Eropa, Asia dan Australia.(SYS/skd)