"Quattrick" Beto bawa Indonesia taklukkan Vanuatu 6-0

id timnas indonesia,indonesia versus vanuatu,alberto goncalves,andik vermansah,evan dimas

"Quattrick" Beto bawa Indonesia taklukkan Vanuatu 6-0

Pesepak bola timnas Indonesia Alberto Goncalves melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Vanuatu pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

Jakarta (ANTARA) - Torehan empat gol atau "quattrick" penyerang Alberto 'Beto' Goncalves membawa Indonesia menaklukkan Vanuatu dengan skor 6-0 dalam laga persahabatan FIFA yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.



Keempat gol Beto dicetak pada menit kedua, 47', 60' dan 65'. Adapun dua gol lain dihadirkan oleh Evan Dimas (18', 74').



Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy menggunakan formasi 4-2-3-1, tidak 3-4-3 seperti yang kerap diterapkannya di laga-laga timnas sebelumnya, termasuk ketika kalah 4-1 dari Yordania pada Selasa (11/6).



Penyerang Alberto Goncalves ditugaskan sebagai ujung tombak, didukung dua pemain sayap Riko Simanjuntak serta Andik Vermansah, dan persis di belakang Beto ada Irfan Bachdim sebagai gelandang serang.



Di tengah, Evan Dimas berduet dengan Zulfiandi. Sebagai bek, Simon menugaskan Ricky Fajrin, Hansamu Yama Pranata, Yanto Basna dan Yustinus Pae.



Dengan formasi seperti itu, Indonesia menguasai pertandingan sejak awal. Skuat berjuluk tim Garuda bahkan mencetak gol di gebrakan pertamanya.



Tepatnya di menit kedua, Andik yang menyisir dari sisi kiri serangan Indonesia mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti yang disambar oleh Beto masuk ke gawang Vanuatu.



Indonesia yang beberapa kali harus menerima tekanan dari Vanuatu tetap memegang kendali laga. Di menit ke-18, skuat Garuda menambah gol melalui sepakan keras Evan Dimas dari luar kotak penalti dan membuat kedudukan menjadi 2-0 yang tidak berubah sampai jeda.



Dua menit babak kedua dimulai, Indonesia kembali menghadirkan gol melalui sundulan Beto memanfaatkan umpan Andik.



Di menit ke-60, Beto lagi-lagi membuat gol. Usai menerima sodoran bola dari Andik, dia meliuk-liuk melewati dua pemain lawan sebelum meneruskan bola masuk ke dalam gawang.



Saat skor 4-0, Beto belum berhenti menunjukkan taji. Dia membuat 'quattrick' dalam laga tersebut dengan melesakkan bola ke gawang lawan di menit ke-65 via sundulan, juga hasil operan Andik.



Indonesia mengunci kemenangan dengan skor 6-0 usai Evan Dimas menyegel gol kedua di menit ke-74. Evan dengan tenang mengeksekusi bola dari Dedik Setiawan di dalam kotak penalti Vanuatu.



Berikut susunan pemain kedua tim.



Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa-pg (kapten, 71', Awan Setho), Rudolof Yanto Basna, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Yustinus Pae (67', Novri Setiawan), Evan Dimas (77', Arthur Bonai), Zulfiandi, Riko Simanjuntak (59', Febri Hariyadi), Andik Vermansah, Alberto Goncalves (69', Dedik Setiawan), Irfan Bachdim (81', Rizky Pora).



Timnas Vanuatu: Dick Taiwia-pg, Selwyn Vatu (72', Jonathan Spekeyjack), Joseph Solo, Jason Thomas, Michel Kalmalap Coulon, Daniel Natou, John Alick (26', Jeffery Bob), Bong Kalo, Elkington Molivakarua (46', Andre Batick), Kensi Tangis (kapten, 90+2', Kensi Tangis), Tony Kaltak (68', Azariah Soromon)..