Venezuela dampingi Brazil ke perempat final setelah tundukkan Bolivia 3-1

id timnas venezuela,timnas bolivia,copa america,copa america 2019

Venezuela dampingi Brazil ke perempat final setelah tundukkan Bolivia 3-1

Gelandang Venezuela Darwin Machis merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bolivia dalam pertandingan Grup A Copa America 2019 yang dimainkan di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brazil, Sabtu (22/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/EDGARD GARRIDO)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Venezuela dipastikan mendampingi tuan rumah Brazil melaju ke perempat final Copa America 2019 setelah pada pertandingan terakhir Grup A menang 3-1 atas Bolivia.

Pemain sayap Darwin Machis mengemas dwigol untuk membuka keunggulan Venezuela di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Minggu dini hari WIB. Bolivia sempat memperkecil ketertinggalan lewat Leonel Justiniano, sebelum Josef Martinez merestorasi keunggulan dua gol Venezuela, demikian catatan laman resmi turnamen.

Hasil itu menempatkan Venezuela sebagai runner-up Grup A dengan koleksi lima poin, di bawah Brazil (7), sedangkan Bolivia yang selalu menelan kekalahan dalam tiga laga yang dilakoninya, menghuni posisi juru kunci dengan nol poin.

Machis membawa Venezuela melakukan start sempurna dengan mengemas gol melalui sundulan kepala pada menit kedua. Itu sekaligus merupakan gol perdana Venezuela di turnamen ini setelah bermain imbang tanpa gol saat melawan Peru dan Brazil.

Machis menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-55. Ia menggebrak di area sayap kiri pada skema serangan balik, dan menaklukkan tiga pemain bertahan sebelum bergerak memotong untuk melepaskan tembakan berbuah gol dari dalam kotak penalti.

Bolivia mencetak gol balasan tujuh menit menjelang laga usai melalui Justiniano, namun harapan mereka untuk dapat menyamakan kedudukan sirna ketika Martinez menanduk bola untuk membawa Venezuela kembali unggul dua gol tiga menit berselang.

Venezuela selalu mampu lolos ke perempat final Copa America dalam empat dari lima penampilan terakhir mereka di ajang ini, di mana pencapaian terbaik mereka sejauh ini adalah saat mencapai semifinal namun kalah adu penalti dari Uruguay pada 2011.

Mereka akan bertemu tim peringkat kedua di Grup B pada delapan besar, yakni salah satu di antara Argentina, Qatar, atau Paraguay, yang baru akan bertanding pada Senin dini hari WIB.


Susunan pemain:

Venezuela (4-1-4-1): Wuilker Farinez, Roberto Rosales, Ronald Hernandez, Jhon Chancellor, Luis Del Pino Mago, Junior Moreno, Jefferson Savarino, Juan Pablo Anor (Yeferson Soteldo 59'), Tomas Rincon, Darwin Machis (Josef Martinez 72'), Salomon Rondon (Jhon MUrillo 86')

Bolivia (4-2-3-1): Carlos Lampe, Diego Bejarano, Luis Haquin, Adrian Jusino, Marvin Bejarano (Roberto Fernandez 72'), Fernando Saucedo, Leonel Justiniano, Cristian Arano, Ramiro Vaca, Leonardo Vaca (Raul Castro 34'), Marcelo Moreno Martins (Gilbert Alvarez 78')