Pasar Sambut Positif Rencana IPO Pegadaian

id saham, pegadaian, IPO

Pasar Sambut Positif Rencana IPO Pegadaian

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan (kiri) dan Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Suwhono ikut serta dalam jalan sehat bersama karyawan Pegadaian di Monas, Jakarta, Minggu (1/4). (FOTO ANTARA/HO)

Jakarta - Pelaku pasar modal Abidin menyambut positif rencana penawaran umum saham perdana (IPO) PT Pegadaian (Persero) pada tahun ini karena akan menambah warna daftar perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI).
        
"Kinerja Pegadaian terus menunjukkan pertumbuhan. Dengan IPO, diharapkan dapat menurunkan 'cost of fund' sehingga memungkinkan sewa modal akan turun," kata Abidin yang juga analis dari Milenium Danatama Sekuritas di Jakarta, Jumat.
        
Ia mengharapkan Pegadaian tetap memberikan perhatian pada nasabah mikro karena merekalah yang memberikan keuntungan bagi perusahaan.
        
Abidin juga mengatakan bahwa rencana lima BUMN yang akan melaksanakan IPO akan disambut positif oleh pelaku pasar modal.
        
"BUMN IPO memang selalu ditunggu kalangan pelaku pasar modal, dikabarkan sebanyak lima BUMN yang akan IPO," kata dia.
        
Adapun BUMN yang direncanakan IPO pada tahun ini, antara lain PT Waskita Karya, PT Pegadaian, PT Semen Baturaja Persero, PT Pertamina Gas (Pertagas), PT Pertaminal Drilling Services, dan PT GMF AeroAsia.

        
Sebelumnya, Direktur Utama Pegadaian Suwhono mengaku siap melakukan IPO sesuai yang diamanatkan. Pihaknya akan selalu berkomitmen untuk melayani semua nasabahnya, termasuk nasabah kecil.

        
"Kami juga telah mempersiapkan secara internal. Kami sendiri telah menurunkan suku bunga hingga 1,2 persen pada bulan April lalu," katanya. (KR-ZMF)