Palu target juara umum di Popda Banggai

id POPDA, atlet palu, banggai, sulteng

Palu target juara umum di Popda Banggai

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu, Andi Sumardi. (Antaranews/Moh Ridwan)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu menarget juara umum pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) non-Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) se-Sulawesi Tengah ke-18 di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu Andi Sumardi, di Palu, Senin mengatakan pihaknya telah mengirim 61 kontingen, 35 orang di antaranya adalah atlet sisanya pelatih, panitia dan tim pendamping. 

"Kami ingin empat cabang olahraga di pertandingkan bisa juara sehingga bisa meraih target juara umum, " harap Sumardi. 

POPDA non-POPWIL bertempat di Kabupaten Banggai tingkat pelajar diikuti 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng dimulai 26-30 Juni 2019 mempertandingkan cabang olahraga renang, voly Pasir, karate serta atletik. 

Dia memaparkan sejak seleksi dibuka pada April 2019 hingga pemusatan latihan, Pemkot Palu terus mendorong agar membentuk karakter atlet melalui kegiatan fisik sehingga saat bertanding mampu mendominasi.

"Sejak seleksi, Dispora terus mengitervensi latihan altet, artinya latihan dilakukan secara rutin, meski saat itu di bulan puasa tetap beraktivitas hanya saja volumenya dikurangi," ujar Sumardi yang juga mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu. 

Dia mengaku, semua cabang olahraga yang dipertandingkan nanti diunggulkan dan menjadi target juara bagi atlet Kota Palu.

Penjaringan atlet saat seleksi diporsikan 40 persen pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 60 persen pelajar Sekolah Tingkat Asat (SMA).

"Popda 2018, Kota Palu sebagai tuan rumah sekaligus peraih juara umum, kami ingin mengulangi prestasi itu di Banggai," tambahnya. 

Dia menyebut, bagi atlet berprestasi penyumbang medali, pihaknya akan memberikan penghargaan berupa bonus sebagi bentuk apresiasi pemerintah terhadap altet dan tim yang terlibat. 

"Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bisa tercapai dan altet Kota Palu kembali mengharumkan nama daerah. Saya berpesan agar para atlet harus menjunjung tinggi sportivitas," tururnya namun tidak menyebut besaran jumlah bonus. 

Kontingen Kota Palu diberangkatkan hari ini menuju arena POPDA di Banggai melalui jalur darat.