Polda Sulteng-PMI gelar donor darah

id Polda Sulteng,HUT Bhayangkara

Polda Sulteng-PMI gelar donor darah

Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, saat mendonorkan darahnya di Gedung Torabelo Polda Sulteng, Senin (24/6). (Antara/Sulapto Sali)

Yang sudah teralisasi pemeriksaan adalah Luwuk Banggai, yang lain sementara. Nah untuk yang diperiksa ini bisa mengambil kacamatanya hari Sabtu di Polda, khusus yang di Kota Palu
Palu (ANTARA) - Menyambut Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019, Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah bekerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) Palu menggelar bhakti kesehatan donor darah.

"Ini dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 dan diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah," kata Kapolda Sulteng  Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, yang ikut berpartisipasi, di sela-sela kegiatan di Gedung Torabelo Polda Sulteng, tempat pelaksanaan donor darah, Senin. 

Sementara itu Kabiddokkes Polda Sulteng, AKBP dr Is Sarifin, Sp.B, mengatakan peserta donor darah ini hanya dari kalangan anggota personel Polda Sulteng, Aparatur Sipil Negara dan anggota Bhayangkari Polda Sulteng, termasuk Kapolda Sulteng yang terlibat langsung mendonorkan darahnya.

"Ini kan belum puncaknya, jadi kita target 150 kantong darah, dan yang sudah melaksanakan donor hampir 100 orang," kata AKBP dr Is Sarifin.

Selain melaksanakan donor darah, Polda Sulteng juga memberikan pelayanan pemerikasaan sekaligus pemberian kaca mata gratis kepada 200 orang, masyarakat, personel TNI dan Polri yang membutuhkan.

"Pemberian dan pemeriksaan mata ini bekerjasama dengan salah satu optik yang beralamat di Kabupaten Banggai," kata Kassubbid Penmas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari.

Sugeng menjelaskan, pemeriksaan dan pemberian kaca mata gratis ini disiapkan sebanyak 500, dengan rincian untuk Kabupaten Banggai 100, Bangkep 100, Banggai Laut 100, dan Kota Palu sebanyak 200 kaca mata.

"Yang sudah teralisasi pemeriksaan adalah Luwuk Banggai, yang lain sementara. Nah untuk yang diperiksa ini bisa mengambil kacamatanya hari Sabtu di Polda, khusus yang di Kota Palu," jelasnya.

Sejumlah program kegiatan baik berupa kegiatan pembinaan tradisi, lomba-lomba dan sarasehan termasuk kegiatan bhakti kesehatan ini merupakan bentuk pengabdian Polri kepada Masyarakat.