Uzbekistan-Antara Digital Media- Pemprov NTB sepakati kerjasama promosi pariwisata

id Kerjasama Antara

Uzbekistan-Antara Digital Media- Pemprov NTB sepakati kerjasama promosi pariwisata

Jakarta, 24/6 (Antara) - Wakil Direktur Pertama Departemen Regional Provinsi Bukhara, Uzbekistan, Khakimov disaksikan Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abdulazimov dan CEO Antara Digital, Darmadi serta Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah memperlihatkan naskah kerjasama usai penandatanganan kerjasama promosi pariwisata halal di Mataram, Senin. Foto Dok

NTB merupakan daerah tepat. Dalam perkembangannya ke depan, akan banyak wisatawan Uzbekistan yang datang ke NTB atau sebaliknya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Uzbekistan menyepakati kerjasama promosi bidang pariwisata, khususnya wisata halal dengan Antara Digital Media dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kesepakatan tersebut dilakukan dalam penandatanganan kerjasama antara Wakil Direktur Pertama Departemen Regional Provinsi Bukhara, Uzbekistan, Khakimov disaksikan Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abdulazimov dan CEO Antara Digital, Darmadi serta Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah di Mataram, Senin.

Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abdulazimov, mengatakan kerjasama ini dalam rangka membangun kerjasama wisata halal atau halal turisme khususnya antara NTB dengan Provinsi Bukhara.

"Uzbekistan dan Indonesia, khususnya NTB memiliki banyak kesamaan. Baik itu budaya, agama karena sama-mama mayoritas beragama Islam. Bahkan ada sejumlah kosa kata yang sama dengan Uzbekistan," katanya.

Dalam kerjasama ini Bukhara dan daerah NTB akan saling mempromosikan sejumlah potensi wisata halal yang dimiliki. Selain itu, pembangunan sejumlah infrastruktur seperti hotel, juga akan menjadi perhatian kedua daerah tersebut.

Baca juga: Ketua DPR minta pemerintah perbanyak wisata halal

Sebagai tahap awal kerjasama ini pihak Uzbekistan khususnya Provinsi Bukhara akan mempelajari pengelolaan wisata halal yang ada di NTB sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia.

"NTB merupakan daerah tepat. Dalam perkembangannya ke depan, akan banyak wisatawan Uzbekistan yang datang ke NTB atau sebaliknya," tuturnya.

CEO Antara Digital Media, Darmadi mengungkapkan pihaknya siap membantu mempromosikan seluruh potensi yang dimiliki Uzbekistan dan Provinsi Bukhara melalui jaringan media digital dimiliki Antara, terutama media digital yang saat ini tengah dibangun.

"Media luar ruang akan dipasang di sejumlah ibukota Provinsi, Kabupaten/Kota, sedangkan media dalam ruang TVC terpasang di berbagai area publik, seperti bandar udara, stasiun kereta api, rumah sakit, gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan," ujar Darmadi.

Sementara Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah mengucapkan terima kasih kepada Antara Digital Media yang telah mempromosikan Lombok ke Uzbekistan, sehingga Bukhara salah satu provinsi di negara tersebut tertarik untuk melakukan kerjasama dan membentuk sister province dengan NTB.

"Kami juga terus mendukung kerjasama Pemkab/Pemkot di NTB dengan Antara Digital Media dalam membangun bersama media layanan publik berupa media dalam ruang dan luar ruang," tegasnya.

Baca juga: Jokowi: Indonesia berpeluang besar untuk wujudkan industri wisata halal