Pantai Gading kalahakan Afsel 1-0

id Jonathan Kodjia,Pantai Gading Afrika Selatan,Piala Afrika 2019

Pantai Gading kalahakan Afsel 1-0

Pemain Pantai Gading Jonathan Kodjia merayakan gol yang membuat timnya menang 1-0 melawan Afrika Selatan pada pertandingan fase grupnya yang pertama dalam Piala Afrika 2019 di Kairo, Mesir (REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)

Kairo, Mesir (ANTARA) - Striker Jonathan Kodjia menciptakan gol 26 menit sebelum pertandingan berakhir untuk membawa Pantai Gading menang tipis 1-0 atas Afrika Selatan ketika kedua mantan juara Afrika ini melangsungkan pertandingan pembuka mereka dalam Piala Afrika 2016, Senin malam WIB tadi.

Kodjia beberapa kali membuang peluang emas sebelum akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-64 dalam pertandingan Grup D di Stadion Al Salam, Kairo, Mesir.

Gol ini tercipta hanya dengan memerlukan dua kali umpan sampai bola sampai ke kaki Kodjia yang hanya perlu menaklukkan seorang kiper.

Kodjia berada pada posisi yang pada babak pertama tetapi alih-alih menciptakan gol, dia malah memberi kesempatan kepada penjaga gawang Afrika Selatan Ronwen Williams menghadangnya dari jarak dekat pada menit ke-32.

Striker Aston Villa itu dua kali merancang peluang gol pada 11 menit pertama pertandingan tetapi keduanya gagal berakhir dengan gol. Pantai Gading juga hampir menciptakan gol ketika tendangan melengkung ke kiri dari Nicolas Pepe membentur tiang gawang Afrika Selatan.

Afrika Selatan yang menjuarai Piala Afrika 1996 tak bisa mengembangkan permainan dan hanya menciptakan setengah peluang gol ketika sundulan kapten Thulani Hlatshwayo melebar dari gawang Pantai Gading.

Pantai Gading yang sudah dua kali menjuarai Piala Afrika sama-sama mengemas tiga dengan Maroko yang menundukkan Namibia pada menit-menit terakhir sehari sebelumnya.

Pantai Gading akan dihadapi Maroko pada Jumat pekan ini, sedangkan Afrika Selatan dijajal Namibia di venue yang sama, tulis Reuters.