Ahmad Ali akui Pasha Ungu dipertimbangkan menjadi calon pasangannya di Pilkada Sulteng

id Pilkada Sulteng,pilkada serentak,pilkada 2020

Ahmad Ali akui Pasha Ungu dipertimbangkan menjadi calon  pasangannya di Pilkada Sulteng

H. Ahmad H Ali (tengah) bersama istrinya Nilam Sari Lawira (kiri) dan Prof Dr KH Zainal Abidin MAg (kanan) (Antaranews/Muhammad Hajiji)

NasDem secara internal akan melakukan survei dimasyarakat terkait tokoh-tokoh yang nantinya akan menjadi pasangan Ahmad Ali
Palu (ANTARA) - Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Ahmad M Ali tidak membatasi diri terhadap tokoh/figur yang akan berpasangan dengan dirinya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Tahun 2020.

Ahmad M Ali yang akrab disapa kak Mat itu saat ditanya mengenai Sigit Purnomo Said (Pasha Ungu) yang dikabarkan akan berpasangan dengan dirinya sebagaio calon wagub pada Pilgub Sulteng 2020, menjawab bahwa Pasha menjadi salah satu tokoh yang dipertimbangkan.

"Dari sisi politik Pasha merupakan Wakil Sekjen DPP PAN. Artinya, bila dua tokoh ini bersepakat untuk berpasangan, maka syarat pencalonan terpenuhi karena PAN juga memiliki keterwakilan di DPRD Sulteng," ujarnya saat dihubunbgi dari Palu, Rabu.

Walaupun demikian, Ahmad Ali belum memastikan akan berpasangan dengan Pasha Ungu yang kini masih menjabat Wakil Wali Kota Palu itu. Ia baru akan menyatakan maju sebagai calon Gubernur Sulteng bila syarat pencalonan terpenuhi atau koalisi telah terbentuk.

Ketua Fraksi Nasdem di DPR RI itu menjelaskan bahwa untuk menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, minimal diusung atau didukung sembilan kursi anggota DPRD Sulawesi Tengah.

Pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 ini, NasDem meraih tujuh kursi di DPRD setempwt. Walaupun menjadi partai pemenang dan berhak atas kursi Ketua DPRD Sulteng namun NasDem masih harus membangun koalisi untuk memenuhi syarat pencalonan karena NasDem butuh dua kursi lagi.

Selain itu, sebut dia, ia akan maju sebagai calon gubernur Sulteng bila mendapat dukungan dari masyarakat.

Terkait calon wakilnya nanti, Ahmad Ali yang juga mantan Ketua DPW NBasDem Sulteng itu mengaku tidak membatasi tokoh-tokoh dari kalangan akademisi, tokoh agama, politisi, pengusaha, atau tokoh dari kalangan profesi, yang berkeinginan berpasangan dengannya.

NasDem secara internal akan melakukan survei dimasyarakat terkait tokoh-tokoh yang nantinya akan menjadi pasangan Ahmad Ali.

"Semua memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berpasangan. Karena itu dalam konteks politik, maka tentu harus dipandang dengan pendekatan politik mengenai kriteria calon wakil gubernur," ucapnya.

Beberapa figur lain yang disebut-sebut di publik Sulteng menjadi calon wagub untuk Ahmad Ali adalah mantan Wali Kota Palu Rusdy Mastura, Bupati Donggala Kasman Lassa dan Kadis Kelautan dan Perikanan Sulteng Dr Ir H hasanuddin Atjo, MP.