Provinsi Gorontalo raih penghargaan Adi Praja Satwa Sewaka

id penghargaan adi praja

Provinsi Gorontalo raih penghargaan Adi Praja Satwa Sewaka

Ilustrasi. Pencanangan Satu Juta Ekor Sapi Menteri Pertanian Andi Arman Sulaiman (kiri) didampingi Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (kedua kiri). (ANTARA/Adiwinata Solihin)

Semua pemangku kepentingan bidang peternakan dari seluruh Indonesia hadir, ini ajang bergengsi dan Gorontalo mendapat penghargaan atas prestasi membangun dunia peternakan

Gorontalo (ANTARA) - Provinsi Gorontalo meraih penghargaan dari Indolivestock sebagai terbaik kedua anugerah Adi Praja Satwa Sewaka yang diserahkan di Grand City Convex Surabaya.



Anugerah Adi Praja Satwa Sewaka diberikan kepada Provinsi Gorontalo, karena dianggap berhasil dalam pengembangan peternakan dan kesehatan hewan di Indonesia.



Anugerah Adi Praja Satwa Sewaka diterima Kepala Bidang Peternakan, Agustina Kilapong yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo dan diserahkan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan kementerian Pertanian I ketut Diarmita, Kamis.



Indolivestock ini merupakan expo peternakan yang terbesar di Indonesia yang dilaksanakan oleh Yayasan Pengembangan Peternakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan dunia peternakan.



Kegiatan ini menggandeng Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.



“Semua pemangku kepentingan bidang peternakan dari seluruh Indonesia hadir, ini ajang bergengsi dan Gorontalo mendapat penghargaan atas prestasi membangun dunia peternakan," kata Agustina Kilapong.



Untuk mendapatkan anugerah ini, panitia jauh hari melakukan proses penilaian yang panjang, dimulai dengan penjaringan bakal calon, peninjauan, verifikasi lapangan, penentuan pemenang dan penganugerahan.



Penilaian ini berdasar pada aspek pembinaan, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan, aspek pembibitan dan produksi ternak.



Hal lain yang dinilai adalah aspek pelaporan kinerja penggunaan anggaran dari APBN, aspek kemandirian penggunaan APBD untuk bidang peternakan dan aspek produksi pakan.



Kegiatan Indolivestock ini berlangsung mulai Rabu-Jumat (3-5/7/2019), yang diisi dengan berbagai kegiatan dan pameran.