Pemulihan pascabencana jadi fokus utama Wagub Sulteng terpilih

id Sulteng,Wagub Sulteng,Pasigala,DPRD Sulteng

Wakil Gubernur Sulteng sisa masa jabatan 2016-2021 terpilih Rusli Baco Dg Pallabi. (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Banyak tugas-tugas yang sudah menanti. Barangkali ada tugas-tugas yang seharusnya menjadi tanggung jawab saya yang kemudian dihandel oleh sekdaprov atau pak gubernur. Tentu secara etika birokrasi walaupun itu menjadi tugas dan kewenangan saya harus m
Palu (ANTARA) - Pemulihan di segala sektor pascabencana 28 September 2018 di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala merupakan tugas yang sangat penting dalam beberapa tahun ke depan, sehingga menjadi fokus utama Wakil Gubernur Sulteng terpilih Rusli Baco Dg Pallabi

Perioritas pemulihan kata dia, pemenuhan hak-hak kepada pengungsi korban bencana yang kehilangan pekerjaan, sanak keluarga, harta benda dan tempat tinggal yang belum merata.

"Kalau ada hal-hal lain dan penting yang perlu ditindaklanjuti, tentu tugas saya adalah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam menangani penanganan pascabencana alam di tiga daerah tersebut," katanya usai rapat paripurna pemilihan Wagub Sulteg di ruang sidang utama DPRD Sulteng, Senin (8/7).

Ia yakin dengan terisinya kursi Wagub Sulteng, dan dengan sisa waktu masa jabatan, beban Sekretaris Daerah Moh. Hidayat Lamakarate dan Gubernur Longki Djanggola yang selama ini bahu membahu mengerjakan tugas-tugas wagub dalam penangana pascabencana menjadi lebin ringan.

baca juga : Gubernur Sulteng akhirnya dapatkan wagub baru pengganti almarhum Sudarto

"Banyak tugas-tugas yang sudah menanti. Barangkali ada tugas-tugas yang seharusnya menjadi tanggung jawab saya yang kemudian dihandel oleh sekdaprov atau pak gubernur. Tentu secara etika birokrasi walaupun itu menjadi tugas dan kewenangan saya harus mendapat persetujuan dari gubernur," ujarnya.

Di sisa masa jabatannya yang kurangg dari 24 bulan, ia akan berusaha semaksimal mungkin menampung keluhan, masukan dan saran khususnya dari para pengungsi korban bencana.

"Ini menjadi tugas saya sebagai wagub untuk turun kemudian melihat penanganan saudara-saudara kita yang terdampak bencana sudah sejauh mana. Apakah sudah maksimal atau belum. Apakah sudah sesuai dengan harapan atau belum," katanya.

Kursi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang kosong sejak ditinggal oleh almarhum Sudarto, Oktober 2016 lalu segera terisi.

Baca juga : Rusli Dg Palabbi terpilih jadi wagub Sulteng

Sebanyak 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulteng yang menggunakan hak suaranya dalam rapat paripurna pemilihan Wagub Sulteng di ruang sidang utama Kantor DPRD Sulteng di Kota Palu, Senin, mempercayakan politisi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulteng Rusli Baco Dg Pallabi untuk mengisi kursi Wagub Sulteng untuk sisa masa jabatan 2016-2021.

Sementara delapan anggota lainnya memilih Andi Mansur Pasande yang merupakan Ketua DPW Partai Bulan Bintang (DPW) Sulteng. 

Adapun dua anggota dari 45 anggota DPRD Sulteng tidak hadir dalam rapat paripurna tersebut.

"Perhitungan suara dan hasil perhitungan suara selanjutnya akan diumumkan dan ditetapkan dalam keputusan DPRD Sulteng," kata Wakil Ketua DPRD Sulteng Alimudin Paada dalam kesempatan itu.

Ia berharap pemerintah pusat segera melantik Rusli Dg Pallabi sebagai Wagub Sulteng agar ia segara bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas di pemerintahan di sisa masa jabatannya dua tahun ke depan.

"Kita usahakan berita acara pemilihan, perhitungan dan hasil perhitungan suara secepatnya kita serahkan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, agar secepatnya diserahkan ke Mendagri (Menteri Dalam Negeri) untuk diproses dan dilakukan pelantikan," ujarnya.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar