BI dorong pertumbuhan UMKM berbasis syariah di Sulteng

id BI,Bank Indonesia,Sulteng,Sulawesi Tengah

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Temgah Miyoni memberikan materi perekonimian di depan puluhan wartawan dan pemimpin redaksi sejumlah media cetak dan elektronik di Sulteng pada kegiatan Capacity Building di Kabupaten Sigi, Selasa (16/7). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Kami di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah sudah mendorong itu. Kami memodali sejumlah pesantren dan santri-santri yang memiliki jiwa pengusaha
Sigi (ANTARA) - Bank Indonesia menilai potensi tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis syariah di Sulawesi Tengah cukup besar.

Agar potensi yang ada dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama para pelaku usaha sehingga berkontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan perekomian daerah maka perlu dukungan dan dorongan dari berbagai pihak, salah satunya dari Bank Indonesia.

"Kami di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah sudah mendorong itu. Kami memodali sejumlah pesantren dan santri-santri yang memiliki jiwa pengusaha,"kata Kepala Kantor BI Sulteng Miyono pada kegiatan Capacity Building Ekonomi dan Keuangan di Kabupaten Sigi, Selasa.

Dari sisi pembiayaan, Miyono menerangkan pelaku usaha dan UMKM berbasis syariah harus berkolaborasi dengan lembaga keuangan syariah seperti bank syariah untuk memperoleh pinjaman.

"Yang jadi prioritas adalah di pesantren-pesantren. Kita bantu hubungkan dengan bank-bank syariah untuk memperoleh modal usaha dengan sistim pinjaman non konvensional,"ujarnya.

Dengan begitu ia berharap para pelaku usaha nanti dapat memanfaatkan pinjaman yang diberikan untuk kegiatan usaha sehingga menghasilkan produk usaha dan UMKM yang berkualitas dan tentunya berbasis syariah.

"Buat usaha air minum syariah, kuliner seperti roti syariah, hingga penginapan dan hotel yang syariah,"terangnya.

Miyono menjelaskan pertumbuhan ekonomi berbasis syariah di Indonesia dan di Sulawesi Tengah pada khususnya sudah berlangsung cukup lama.

Tumbuh dan berkembangnya ekonomi syariah di Daerah ditandai mulai banyaknya lembaga-lembaga keuangan berbasis syariah, salah satunya bank syariah.

Baca juga: Presiden sarankan UMKM tidak masuk ke produk massal
Baca juga: UMKM korban bencana Palu yang produksi bandeng bebas duri akan dapat bantuan

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar