Ewan juara Etape 11 Tour de France 2019

id Caleb Ewan,julian alaphilippe,tour de france,etape 11 tour de france

Pebalap Australia Caleb Ewan meluapkan kegembiraan setelah menjuarai etape kesebelas Tour de France dari Albi ke Toulouse, 17 Juli 2019. (AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)

Toulouse, Prancis (ANTARA) - Pebalap Australia Caleb Ewan beradu sprint dengan Dylan Groenewegen dan sukses mendahului pebalap Belanda itu untuk jadi yang pertama mencapai garis finis dan memenangkan Etape 11 Tour de France 2019, yang menempuh jarak 167 km dari Albi ke Toulouse, Prancis, Rabu (17/7) setempat.

Pebalap Prancis Julian Alaphilippe mempertahankan klasemen keseluruhan jersey kuning setelah finis dalam posisi aman. Tak ada perubahan berarti dalam klasemen keseluruhan kecuali pebalap yang pernah dua kali menjadi runner-up Nairo Quintana mengalami masalah pada 30 kilometer dari garis finis.

Ewan dari tim Lotto Soudal mendahului Groenewegen dalam adu sprint dengan selisih jarak hanya beberepa centimeter, sedangkan pebalap Italia Elia Viviani finis urutan ketiga.

Turun pertama kali pada Tour de France, Ewan menyandingkan kemenangan pada etape ini dengan sukses dia di Vuelta a Espana dan tiga kali di Giro d'Italia.

Baca juga: Etape 10 milik Wout Van Aert

"Saya tak menyangka. Saya sudah begitu dekat pada empat sprint terakhir yang saya lakukan. Tetapi tim saya tidak hilang kepercayaan kepada saya dan saya juga tidak pernah hilang kepercayaan kepada tim saya," kata Ewan (25) kepada wartawan seperti dikutip Reuters.

"Beruntung saya memiliki kedua kaki untuk menuntaskan etape ini. Ini impian masa kecil yang terwujud. Tak ada balapan selain ini yang saya ingin juarai sejak kecil. Tour de France hal yang jauh sekali dari Australia, hal yang kami lihat di TV...kemenangan ini fantastis," ujarnya menambahkan.

Sprint terakhir ini sendiri berlangsung kacau di mana ponsel penonton menimpa helm Niccolo Bonifazio pada 100 meter terakhir sehingga menghancurkan peluang pebalap Italia itu.

Pebalap Belanda Niki Terpstra tak bisa meneruskan membalap, sedangkan mantan pemimpin klasemen Giulio Ciccone yang juga kecelakaan, terlempar dari 10 besar kualifikasi umum.

Baca juga: Gerain Thomas pegang kendali atas rival-rivalnya
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar