Pemkab Sigi gandeng WVI tingkatkan kualitas kesehatan anak

id Sigi, Pemkab, WVI

Bunda Paud Kabupaten Sigi, Hj Hazizah Irwan Lapata (Antara/Anas Masa)

WVI sangat konsen dan peduli dengan masyarakat yang terdampak bencana alam di wilayah Sigi
Sigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, menggandeng Wahana Visi Indonesia (WVI), sebuah yayasan sosial kemanusiaan yang bekerja untuk kesejahteraan anak dan perempuan bersama-sama meningkatkan kualitas kesehatan anak dan ibu pasca gempabumi 7,4 SR yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah pada 28 September 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Sigi, Siti Sudarmi di Desa Tulo, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Kamis, mengatakan WVI sangat berperan dalam berbagai kegiatan, diantaranya memberikan makanan bayi dan anak di sejumlah wilayah terdampak gempa bumi, tsunami dan likuefaksi di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Sigi.

Keterlibatan WVI untuk ikut  dalam kegiatan-kegiatan sosial pascabencana alam, terutama di Kabupaten Sigi, kata Siti Sudarmi sangat besar dan patut mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah.

"WVI sangat konsen dan peduli dengan masyarakat yang terdampak bencana alam di wilayah Sigi," katanya. 

Baca juga : BPJS Kesehatan Pantau Anak Gizi Buruk

Kegiatan yang dilakukan WVI bersama HSBC antara lain menyalurkan bantuan termasuk diantaranya meningkatkan gizi bayi, anak dan ibu hamil dan ibu sedang menyusui.

Bantuan lainnya, menyalurkan air bersih, membangun MCK di lokasi-lokasi pengungsian, memberikan trauma healing kepada anak-anak korban bencana alam, menyalurkan bantuan tenda dan kebutuhan lainnya.

Bahkan, WVI dan HSBC ikut membangun posyandu di beberapa wilayah terdampak bencana alam di Kabupaten Sigi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan sarana kesehatan dimaksud.

Dan itu, katanya, sangat membantu meringankan beban dan tugas serta tanggungjawab dari pemerintah daerah.

Baca juga : Ponsel ganggu kesehatan mental anak usia dini

Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019, Pemkab Sigi bekerja sama dengan WVI dan HSBC juga melaksanakan berbagai lomba yang melibatkan bayi dan anak-anak.

Salah satu kegiatan lomba yang dilaksanakan Pemkab Sigi dan WVI serta HSBC antara lain, lomba adzan, bayi sehat dan kerajinan tangan membuat celengan.

Lomba dipusatkan di lapangan Desa Tulo, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi dan dibuka langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Sigi, Hj, Hazizah Irwan Lapata yang juga istri Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapata. 

Sudarmi mengatakan sejak kehadiran WVI di Kabupaten Sigi sudah sembilan kali melaksanakan kegiatan yang sama

Setiap tahun, kata dia.WVI bersama Pemkab Sigi menyelenggarakan kegiatan sama setiap kali memperingati HAN.

Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan.

Baca juga : KPPPA: Internet di Indonesia belum layak untuk anak

Ia mengatakan isu kesehatan terkait minimnya gizi yang diterima anak serta sulitnya masyarakat menemukan fasailitas kesehatan pascagempa masih menjadi sorotan banyak pihak.

Hal itu, kata dia, ikut diperparah dengan adanya fakta lebih dari 20 fasilitas kesehatan rusak serta banyaknya anak dan balita yang mengkonsumsi makanan tidak sehat akibat sulitnya mendapatkan sumber pasokan gizi pasca bencana alam.

Dari fakta tersebut, WVI atas dukungan HSBC berkomitmen mendukung terciptanya kondisi yang sehat dan aman bagi anak serta ibu hamil dan menyusui di posko-posko evakuasi lewat pengadaan berbagai program kesehatan.

WVI, kata dia, berkomoitmen memberikan program respons terbaik bagi setiap anak dan masyarakat dalam proses pemulihan kesehatan pasca bencana alam di Kabupaten Sigi dan wilayah terdampak lainnya di Propvinsi Sulteng.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar