Harga minyak dunia turun karena kekhawatiran permintaan

id harga minyak,persediaan naik,ketegangan timur tengah,minyak WTI,minyak Brent

Harga minyak dunia turun karena kekhawatiran permintaan

Ilustrasi - harga minyak dunia. (ANTARANEWS/Ardika)

New York (ANTARA) - Harga minyak dunia berakhir dengan kerugian signifikan pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), tertekan oleh kekhawatiran berkurangnya permintaan bahan bakar.

Patokan AS, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus, turun 1,48 dolar AS menjadi menetap pada 55,30 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan internasional, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September, berkurang 1,73 dolar AS menjadi ditutup pada 61,93 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

"Penurunan baru dipicu oleh data persediaan Amerika Serikat, kenaikan tajam dalam stok produk minyak membebani harga," kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch dalam sebuah catatan.

Menurut Laporan Status Minyak Mingguan yang dirilis oleh Badan Informasi Energi AS (EIA) pada Rabu (17/7/2019), total persediaan bensin meningkat 3,6 juta barel dan persediaan bahan bakar destilasi meningkat 5,7 juta barel dalam minggu yang berakhir 12 Juli.

Padahal para analis yang disurvei oleh S&P Global Platts memperkirakan penurunan pasokan 1,5 juta barel untuk bensin dan peningkatan 300.000 barel untuk penyulingan.

"Penumpukan persediaan bensin khususnya tidak biasa pada saat ini, mengingat musim mengemudi musim panas biasanya memerlukan peningkatan konsumsi bensin. Itu mengatakan, permintaan bensin AS sangat lemah pada 9,2 juta barel per hari pada minggu pelaporan," kata Fritsch.

Pelaku pasar juga memperhatikan ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran yang sedang berlangsung, yang dapat membahayakan aliran minyak di Timur Tengah.