Persija taklukkan PSM 1-0 final Piala Indonesia

id final piala indonesia,persija,psm makassar

Persija taklukkan PSM 1-0 final Piala Indonesia

Pesepak bola Persija Jakarta Novri Setiawan (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) dalam pertandingan Final Piala Indonesia 2018-2019 leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (21/7/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Jakarta (ANTARA) - Gol di menit ke-88 oleh bek Ryuji Utomo membawa Persija menaklukkan PSM Makassar pada pertandingan leg pertama final Piala Indonesia 2018-2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Hasil itu membuat tim yang berjuluk Macan Kemayoran itu hanya membutuhkan hasil seri di leg kedua di Makassar pekan depan untuk menjadi juara Piala Indonesia 2018-2019. Sementara PSM memerlukan kemenangan tanpa kebobolan untuk menjadi kampiun.

Pada pertandingan di Jakarta, pelatih Persija Julio Banuelos menurunkan jajaran pemain terbaiknya termasuk gelandang serang Bruno Matos, yang sebelumnya cedera, bek kiri Muhammad Rezaldi Hehanusa dan penyerang Marko Simic.

Sementara juru taktik PSM Darije Kalezic memutuskan untuk tidak memainkan gelandang andalannya Willem Jan Pluim dan kiper Rivky Mokodompit.

Dengan kondisi tersebut, Persija lebih menguasai pertandingan sejak menit pertama, sementara PSM lebih banyak menunggu untuk serangan balik.

Derasnya tekanan Persija bahkan membuat dua pemain PSM mendapatkan kartu kuning yaitu Marc Klok dan Rasyid Bakri.

Meski demikian, skuat berjuluk Macan Kemayoran tidak memiliki peluang berbahaya ke gawang PSM. Sepakan Rohit Chand dan Sandi Sute di menit ke-11 dan 31 masih lemah dan dapat diamankan dengan mudah oleh penjaga gawang PSM Hilman Syah.

Peluang terbaik justru dimiliki oleh PSM melalui sepakan Rahmat dari jarak dekat di menit ke-43. Akan tetapi, bola dapat ditepis oleh kiper Shahar Ginanjar.

Skor pun bertahan 0-0 sampai pertandingan memasuki masa jeda.
 

Di babak kedua, permainan kedua tim berimbang. Namun, rapatnya pertahanan membuat Persija dan PSM sulit membuat kesempatan gol.

Penyerang PSM Guy Junior sempat membuat pendukung Persija menahan napas karena dia berhasil lolos dari pengawalan dan tinggal berhadapan dengan Shahar Ginanjar. Gol tidak tercipta karena Shahar berhasil menghalaunya dengan baik.

Mengalami kebuntuan nyaris sepanjang laga, Persija akhirnya berhasil menghadirkan gol melalui sepakan Ryuji Utomo di menit ke-88 setelah terjadi kemelut di kotak penalti PSM.

Ryuji sendiri baru masuk ke lapangan di menit ke-81 untuk menggantikan Maman Abdurahman. Skor 1-0 bertahan sampai pertandingan selesai.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persija: Shahar Ginanjar-pg, Ismed Sofyan (kapten), M. Rezaldi Hehanusa (46', Heri Susanto), Maman Abdurahman (81', Ryuji Utomo), Tony Sucipto, Bruno Matos (83', Bambang Pamungkas), Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Sandi Sute, Marko Simic.

PSM: Hilman Syah-pg, Aaron Evans, Abdul Rahman, Asnawi Bahar, Beny Wahyudi, Marc Klok, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Zulham Zamrun (78', Eero Markkanen), Guy Junior, Rahmat (88', Arfan) .